Breaking News:

Penting Dipahami, Ini 4 Penyebab Hidung Tersumbat pada Malam Hari

Penyebab sebenarnya dari perasaan tersumbat adalah pembengkakan dan atau peradangan pada pembuluh darah di dalam saluran hidung.

kompas.com
ILustrasi pilek atau hidung tersumbat 

BANGKAPOS.COM - Ada sejumlah kondisi yang bisa menjadi penyebab hidung tersumbat pada malam hari. Berbagai penyebab ini kiranya penting dikenali sebagai bagian dari upaya mencegah terjadinya ketidaknyamanan tersebut.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa perasaan tersumbat pasti disebabkan oleh kelebihan lendir yang menghalangi saluran hidung.

Anggapan itu kiranya kurang tepat karena kelebihan lendir bukan satu-satunya penyebab hidung tersumbat.

Penyebab sebenarnya dari perasaan tersumbat adalah pembengkakan dan atau peradangan pada pembuluh darah di dalam saluran hidung.

Ada beberapa kemungkinan alasan yang spesifik untuk kejadian hidung tersumbat pada malam hari. Apa saja?

Sejumlah 60% keuntungan dari artikel Health Kompas.com disalurkan untuk warga terdampak Covid-19.

1. Terkait anatomi
Saat Anda berdiri atau duduk tegak di siang hari, lendir terus-menerus mengalir secara alami karena gaya gravitasi.

Nah, ketika Anda berada di tempat tidur atau berbaring dalam posisi horizontal, gravitasi dapat menyebabkan lendir menggenang atau kembali ke atas. Kondisi ini bisa menjadi penyebab hidung tersumbat memburuk pada malam hari.

Banyak orang memperhatikan bahwa hidung tersumbat mereka bisa mulai membaik satu atau dua jam setelah mereka bangun di pagi hari. Itu karena gravitasi melakukan pekerjaannya sekali lagi.

2. Perubahan aliran darah
Saat Anda berbaring, tekanan darah Anda berubah. Anda mungkin mengalami peningkatan aliran darah ke bagian atas tubuh Anda, termasuk kepala dan saluran hidung.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved