Breaking News:

Beri Pangkalpinang

Akademisi UBB Nilai Pemanfaatan Media Sosial Jadi Strategi Pengembangan Pariwisata

Akademisi sekaligus Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung (UBB), Putra Pratama Saputra menilai pemanfaatan media sosial dapat menjadi strategi

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
Ist
ILUSTRASI: Tampak Pantai Tanjung Pesona Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Akademisi sekaligus Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung (UBB), Putra Pratama Saputra menilai pemanfaatan media sosial dapat menjadi strategi dalam pengembangan pariwisata di Bangka Belitung.

Dalam hal itu, dirinya bersama rekan, Novyandra Ilham Bahtera dan Laila Hayati pernah menggelar pengabdian kepada masyarakat, memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang strategi pengembangan pariwisata melalui pemanfaatan media sosial.

"Hal ini berangkat dari usaha Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata. Salah satu tujuan dari pengembangan pariwisata ialah meningkatan pendapatan daerah selain dari sektor pertambangan," ujar Putra kepada Bangkapos.com, Sabtu (14/8/2021).

Menurutnya, secara umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki sumber daya alam yang dapat menjadi destinasi-destinasi wisata alam sekaligus mendukung upaya pengembangan pasriwisata. 

"Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Manggar merupakan salah satu daerah yang jumlah destinasi wisata baik alam, budaya dan buatan tertinggi dibanding dengan daerah-daerah lain. Dengan potensi wisata yang sangat strategis tersebut, usaha pengembangan pariwisata wajib dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dalam proses pengembangan pariwisata di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur," kata Putra.

Yang jelas katanya, media sosial merupakan hasil dari kemajuan teknologi komunikasi. Kemajuan teknologi komunikasi telah menyebar disemua kalangan kelompok masyarakat tanpa memandang status, gender, suku, usia dan sebagainya. 

"Kemajuan teknologi yang sudah mencapai pada titik 5.0, di mana setiap aktivitas manusia tidak lepas dari sentuhan teknologi. Bahkan teknologi komunikasi pada saat ini telah menjelmah menjadi wadah untuk berinteraksi. Wadah tersebut dikenal dengan nama media sosial," kata Putra.

Tak dipungkiri, media sosial suatu kebutuhan masyarakat sehingga penggunaan media sosial terus mengalami peningkatan. Meningkatnya pengguna internet setiap tahun menunjukkan bahwa teknologi internet terus mengalami perkembangan. 

"Perkembangan teknologi internet telah menghasilkan bermacam bentuk media baru dengan berbagai fungsinya, seperti Bookmarketing, Fungsi Chicklets, Content Sharing, Youtube, The Wiki, Flickr, Conneting, dan Creating Opinion. Media sosial menjadi wadah bagi masyarakat virtual untuk berinteraksi satu sama lainnya," jelasnya.

Dia beranggapan media sosial sangat strategis untuk dimanfaatkan sebagai wadah untuk pengembangan pariwisata di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. 

Pokdarwis Kelekak Nyiur, Serdang Berantai, Sungai Manggar, dan Komunitas Kepak di Kecamatan Manggar merupakan mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat waktu itu.

"Integrasi antara program pengabdian masyarakat tersebut nantinya akan meningkatkan kapasitas serta keterampilan secara mandiri khalayak sasaran dalam mempraktikkan apa yang telah didapatkan pada saat program berlangsung," kata Putra. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved