Breaking News:

Mudah Diterapkan, Begini Cara Menanam Pepaya dari Bijinya

Sebelum menanam pepaya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis pohon pepaya.

Freepik.com
Buah pepaya 

BANGKAPOS.COM - Pepaya adalah salah satu buah tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini memiliki warna jingga cerah yang khas dengan banyak biji pada bagian tengahnya.

Namun, biji buah pepaya ini jangan langsung Anda buang ke tempat sampah. Anda bisa menanam pepaya dari bijinya di halaman rumah maupun di pot.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (14/8/2021), sebelum menanam pepaya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis pohon pepaya.

Ada tiga jenis pohon pepaya, yakni tanaman betina, tanaman jantan, dan tanaman biseksual.

Tanaman betina dan biseksual adalah satu-satunya yang menghasilkan buah. Tergantung pada jenis pohonnya, buah pepaya berbentuk bulat kecil hingga sedang atau lonjong sedang hingga besar.

Daging buah pepaya umumnya berwarna kuning, meskipun beberapa jenis merah dan oranye juga ada.

1. Cara menanam pepaya dari bijinya
Menanam pepaya umumnya dilakukan dari biji yang diekstraksi dari buah matang. Jika Anda menggunakan biji dari buah yang Anda beli di pasar, kemungkinan besar akan menjadi tanaman biseksual.

Anda harus menanam beberapa benih per pot untuk memastikan perkecambahan. Di bawah sinar matahari penuh, bibit dapat muncul dalam waktu sekitar dua minggu.

Tanaman dapat ditanam setelah tingginya setengah meter dan berjarak 2,5 hingga tiga meter.

Bibit akan berbunga setelah lima atau enam bulan. Saat mempertimbangkan kondisi pertumbuhan pepaya terbaik di lanskap rumah, jangan lupakan lokasi penanaman.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved