Breaking News:

Opini

Euforia Agustus di Masa Pandemi

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada Selasa, 17 Agustus 2021, merupakan HUT ke-76 RI.

Editor: Agus Nuryadhyn
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi- Lomba 17 Agustus 2021 - Sejumlah anak mengikuti lomba makan kerupuk yang diselenggarakan pemilik Toko Indo Mitra di Jalan Leuwipanjang, Kelurahan Situsaeur, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Sabtu (17/8/2019). Kegiatan yang juga diikuti anak-anak di sekitar toko itu, diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

BANGKAPOS.COM - BULAN Agustus adalah bulan yang paling bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia. 

Kita ingat bagaimana peristiwa sejarah itu terjadi di Bulan Agustus. Para pejuang dan seluruh rakyat Indonesia menumpahkan seluruh tenaga,  jiwa, dan raga untuk kemerdekaan Indonesia. 

Peristiwa itu adalah proklamsi kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sebelum kita membicarakan tentang perayaaan Agustus pada masa sekarang ini, mari lah kita mengingat kembali bagaimana sejarah perjuangan rakyat Indonesia pada masa kemerdekaan. 

Ini kita lakukan untuk  kita mengingat dan mengenang perjuangan perjuangan para pahlawan.

Pengorbanan para pahlawan yang harus kita pertahankan.

Seperti pesan yang disampaikan oleh Bapak Proklamator Indonesia Ir Soekarno dalam pidatonya yang terakhir pada tanggal 17 Agustus 1966 " Jas Merah",  yang artinya jangan sekali kali melupakan sejarah. Ini artinya generasi sekarang jangan pernah sekali kali melupakan sejarah. 

Baca juga: Kehilangan Kemerdekaan Memaknai Kemerdekaan

Sejarah sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang selalu mengingat sejarah. Sejarah dijadikan sebagai pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga.

Orang yang tahu sejarah tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan. 

Orang yang tahu sejarah akan lebih bijaksana dalam bersikap dan berperilaku. Masa milenial sekarang ini banyak generasi muda yang sudah melupakan sejarah. Mereka lupa tentang sejarah perjuangan bangsa.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved