Breaking News:

Advertorial

Perdalam PKL, Mahasiswa Prodi HKI Ikuti Materi Bedah Berkas Bundel A dan Putusan

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun ini menggelar Pengenalan

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: khamelia
IAIN SAS Bangka Belitung
Mahasiswa PKL Prodi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Babel mengikuti materi Bedah Berkas (Bundel A dan Putusan) yang diisi langsung oleh hakim Nailasara Hasniyati S.H.I, Jumat (4/8). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mahasiswa PKL Prodi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Babel mengikuti materi Bedah Berkas (Bundel A dan Putusan) yang diisi langsung oleh hakim Nailasara Hasniyati S.H.I, Jumat (4/8).

Para mahasiswa mengikuti materi tersebut dengan antusias dan tetap menerapkan protokol kesehatan serta menjaga jarak.

Sebelumnya telah dilaksanakan materi Pembuatan surat Permohonan dan Gugatan, Penggunaan Aplikasi SIPP dan E-Court, Kesekretariatan di Pengadilan Agama, Hukum Acara Peradilan Agama, Hukum Materi Peradilan Agama.

“Sebagai mahasiswa tentunya kalian dapat mengetahui apa saja yang ada dalam bundel A serta bagaimana cara hakim dalam menetapkan putusan. Serta guna menambahnya ilmu yang kalian dapat selama PKL disini," tegas Nailasara Hasniyati S.H.I, selaku hakim di PA Mentok.

Nailasara Hasniyati S.H.I, menjelaskan bundel A merupakan himpunan surat-surat yang diawali dengan surat gugatan dan semua kegiatan proses persidangan/pemeriksaan perkara tersebut yang selalu disimpan di Pengadilan Agama. 

"Sedangkan putusan ialah kesimpulan akhir oleh Hakim Majelis yang diberi wewenang dalam menyelesaikan sengketa terhadap pihak yang berperkara dan diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum," ungkap Nailasara Hasniyati S.H.I.

Setelah penjelasan mengenai bundel A kemudian dilanjutkan dengan bedah putusan. Sebelum melanjutkan materi bedah putusan Ibu Hakim meminta kepada mahasiswa satu persatu merivew kembali apa yang telah dijelaskannya mengenai bundel A guna mengingat apa yang telah disampaikannya.

Nasri, mahasiswa PKL di Pengadilan Agama Mentok Praktik Berkas Bundel A dan Putusan menjelaskan tujuan bedah berkas agar mahasiswa dapat mengamati dan mempelajari proses Peradilan sehingga bisa menambah wawasan pengetahuan baik secara teoritik dan praktik.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami karena dalam dunia perkuliahan tidak mempelajari mengenai bundel A mulai dari cara penyusunannya hingga minutasi, ” tuturnya.

Penulis: Nur Hakimah (Mahasiswi PKL Pengadilan Agama Mentok/Prodi Hukum Keluarga Islam)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved