Breaking News:

Opini

Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi

Pembelajaran tatap muka disambut dengan gembira oleh peserta didik, orangtua dan guru yang ada di kabupaten Belitung.

Editor: Agus Nuryadhyn
bangkapos.com
Suasana pembelajaran tatap muka (PTM) di SMPN 1 Pangkalpinang, Senin (22/3/2021). (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)(ilustrasi) 

Sulianti SPd (Guru SMPN 3 Tanjungpandan)

BANGKAPOS.COM - Berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan nomor 420/439/Setumpeg/Dindikbud Tanggal 12 Agustus 2021 yang memperkuat Surat Edaran (SE) Pemerintah Kabupaten Belitung tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) di Masa PPKM Level 3 di Kabupaten Belitung, maka disebutkan satu di antaranya bahwa, pelaksanaan KBM dimasa pandemi Covid‑19 selama PPKM level 3 Covid-19 di Kabupaten Belitung dilakukan pembelajaran tatap muka terbatas.

Satu dari pertimbangannya adalah dampak sosial negatif bagi sebagian besar peserta didik selama mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19.

Selain itu juga, kurang efektifnya pembelajaran daring dikarenakan beberapa hal, antara lain keterbatasan ekonomi keluarga dan sinyal yang terbatas di beberapa wilayah.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, penutupan pembelajaran tatap muka selama pandemi berdampak pada beberapa aspek, termasuk mental anak dan orangtua.

Kemudian juga terjadi penurunan pencapaian pembelajaran.

Baca juga: Sejarah dan Hikmah di Hari Jadi Pramuka

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa sebelum pandemi Covid‑19 merupakan hal yang biasa atau lazim dan tidak diperhatikan.Tetapi pada masa pandemi seperti sekarang ini, pembelajaran tatap muka menjadi fokus perhatian, terutama agar pembelajaran tatap muka tidak menimbulkan klaster penularan Covid‑19, dengan menyediakan alat protokol kesehatan menjadi syarat penting.

Peserta didikpun diatur dengan jumlah dibatasi hanya 50 persen dan waktu belajarpun dibatasi. Sehingga dengan aturan tersebut kehadiran peserta didik belajar tatap muka per minggu hanya pada hari–hari tertentu saja.

Pembelajaran tatap muka disambut dengan gembira oleh peserta didik, orangtua dan guru yang ada di kabupaten Belitung.

Sejak awal tahun pelajaran yang lalu, tepatnya pada bulan Juli 2021 sekolah belum boleh melakukan pembelajaran tatap muka, dikarenakan Belitung menerapkan PPKM level 4. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved