Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Warga Binaan Berperilaku Baik Dapat Remisi

pemberian remisi tersebut merupakan program dari Kementerian Hukum dan HAM yang dilakukan setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Editor: Agus Nuryadhyn
(Bangkapos/Arya Bima Mahendra)
Pemberian remisi kepada warga binaan lapas kelas II B Sungailiat, Bangka, Selasa (17/8/2021) 

BANGKAPOS.COM - Bupati Bangka, Mulkan, bersama Wakilnya, Syahbudin memberikan secara simbolis surat remisi atau pengurangan masa tahanan warga binaan Lapas Kelas IIB Sungailiat, Selasa (17/8/2021).

Diketahui, sebanyak 267 warga binaan di Lapas ini, menerima remisi dalam rangkaian HUT ke-76 Kemerdekaan RI di tahun ini.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan pemberian remisi tersebut merupakan program dari Kementerian Hukum dan HAM yang dilakukan setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI.

"Sesuai ketentuan Kemenkumham, bahwa setiap warga binaan mendapatkan hak remisi dengan ketentuan dan penilaian‑penilaian tertentu," kata Mulkan.

Baca juga: 12 Sanggahan Pelamar CPNS Pemkot Pangkalpinang Diterima,Total 5.961 Orang Lulus Seleksi Administrasi

Menurutnya, tujuan pemberian remisi adalah bentuk keringanan bagi warga binaan yang berperilaku baik.

"Jangan sampai warga binaan yang telah mendapatkan remisi mengulangi perbuatan buruk mereka dan tetap berperilaku baik saat menjalani masa pembinaan di Lapas," jelasnya.

Hal senada disampaikan, Wabup Bangka, Syahbudin.

Menurut Syahbudin pemberian remisi adalah bentuk penghargaan kepada warga binaan Lapas Kelas IIB Sungailiat.

"Secara syarat dan ketentuan yang berlaku, mereka memang berhak mendapatkan remisi itu," ungkap Syahbudin.

Baca juga: Viral Pria Tak Mempan Disuntik Jarum Vaksin Buat Nakes Heran, Nitizen Berseloroh: Punya Ilmu Kebal

Kepala Lapas Kelas IIB Sungailiat, Zullaeni mengatakan remisi merupakan hak semua warga binaan yang didapatkan setiap tahunnya sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang berlaku.

"Jadi yang mendapatkan remisi adalah narapidana atau warga binaan yang berkelakuan baik dan memenuhi proses administratif, serta tidak pernah melanggar aturan yang berlaku di lingkungan Lapas," kata Zullaeni.

Baca juga: Garis Polisi Dipasang di Pondok Kebun, Roy Ditemukan Sudah Tak Bernyawa Terlentang di Kursi

John Januar (32), warga binaan setempat, merasa sangat senang karena mendapatkan remisi selama empat bulan. Dirinya mengakui akan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dan menaati segala aturan yang ada di Lapas.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh orang yang bersangkutan yang sudi memberikan remisi kepada saya," ungkap John. (mg2)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved