Breaking News:

Angka Kematian dan Kasus Harian Covid-19 Kabupaten Bangka Menurun Akibat Kebijakan Isoter

Angka Kematian Dan Kasus Harian Covid-19 Kabupaten Bangka Menurun Akibat Kebijakan Isoter

Penulis: Magang2 | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kasus kematian akibat covid-19 dan angka positif harian di kabupaten Bangka menurun drastis buah hasil penerapan kebijakan isolasi terpadu (isoter).

Lebih dari seminggu sudah kebijakan isoter diprioritaskan pemkab Bangka dalam menangani covid-19.

Sementara itu, kebijakan isolasi mandiri kini dinilai sudah tidak efektif lagi dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 di kabupaten Bangka.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan bahwa kebijakan isoter memberikan dampak yang cukup signifikan dalam mengurangi angka kematian dan kasus harian terkonfirmasi positif covid-19.

Tak hanya itu, Boy menjelaskan bahwa untuk angka kematian juga cukup menurun dengan drastis.

Menurut Boy angka kematian lebih sering terjadi kepada pasien yang melakukan isoman dibanding isoter.

Hal tersebut dikarenakan sedikitnya pengawasan yang dilakukan kepada masyarakat yang isoman karena keterbatasan jumlah dan kemampuan nakes yang tidak mungkin bisa mengawasi secara terus menerus.

Selain itu, penerapan isoman juga dinilai memberikan sumbangsih yang lebih terhadap kasus terkonfirmasi positif covid-19 setiap harinya.

Sebelum penerapan isoter, Boy menyebutkan jumlah kasus harian covid-19 bisa mencapai 100 orang setiap harinya, namun sekarang karena adanya isoter hanya sekitar 30-40 orang per hari.

Oleh karena itu, Boy mengajak masyarakat untuk mengikuti betul aturan isoter ini mengingat saat ini tempat isoter yang disiapkan oleh pemkab Bangka juga cukup banyak.

Bahkan jika memang suatu saat tempat isoternya penuh, Boy mengatakan untuk jangan khawatir karena masyarakat bisa melakukan isoter di tempat milik pemerintah Provinsi.

Dengan begitu ia berharap masyarakat memiliki kesadaran tersendiri untuk mengikuti aturan isoter ini dan menaati segala ketentuan dan aturan yang berlaku.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved