Breaking News:

Bangka Belitung Daerah dengan Indeks Keparahan Kemiskinan Terendah Se-Indonesia

Melalui akun @datalistz di kanal Instagram, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi Indeks Keparahan Kemiskinan Terendah

Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Kepala Badan Pusat Statistik Kepulauan Bangka Belitung, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi daerah dengan Indeks Keparahan Kemiskinan Terendah di Indonesia. Data tersebut dirilis melalui akun @datalistz di kanal instagram.

Bersumber data dari Badan Pusat Statistik pada bulan Maret 2021. Sebenarnya apa yang terjadi?

Sebelum memahami indikator kemiskinan, yang perlu diketahui adalah Garis Kemiskinan (GK).

Nah, masyarakat yang pengeluarannya berada di bawah garis kemiskinan ini lah yang disebut ‘miskin’ dan yang jauh di bawah garis kemiskinan di sebut ‘sangat miskin (kronis)’.

Saat ini Garis Kemiskinan Kepulauan Bangka Belitung berada pada posisi tertinggi di Indonesia, yaitu Rp752.203 sedangkan GK nasional berada pada Rp.472.525.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami menyebutkan kedalaman kemiskinan yang dialami Babel mengalami penurunan dari September 2020 berada pada posisi 0,789 menjadi 0,609 pada Maret 2021.

Indeks Kedalaman Kemiskinan (P1), merupakan ukuran rata-rata kesenjangan pengeluaran masing-masing penduduk miskin terhadap garis kemiskinan.

Semakin tinggi nilai indeks, semakin jauh rata-rata pengeluaran penduduk dari garis kemiskinan. Hal ini baik adanya, masyarakat yang miskin mulai memiliki daya beli. 

“Selanjutnya Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) memberikan gambaran mengenai penyebaran pengeluaran diantara penduduk miskin. Semakin tinggi nilai indeks, semakin tinggi ketimpangan pengeluaran diantara penduduk miskin. Pada poin ini Babel berada pada urutan pertama se-Indonesia. Artinya, jumlah pengeluaran masyarakat miskin semakin dekat dengan pengeluaran rata-rata masyarakat miskin,” ungkapnya saat diwawancara di Kantor BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (18/8/2021).

Seperti yang kita ketahui, Indeks Kedalaman Kemiskinan atau rata-rata masyarakat miskin mengalami kedekatan dengan GK.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved