Breaking News:

Bangka Belitung Mulai Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, diwakili Asisten Adminstrasi Umum Setda Kepulauan Bangka Belitung

Editor: Fery Laskari
Dinas Kesehatan Babel
Gubernur Babel diwakili Asisten Adminstrasi Umum Setda Kepulauan Bangka Belitung drg. Mulyono Susanto, MHSM saat meninjau langsung kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil, di Sentra Vaksinasi RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Kamis (19/08/2021). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman diwakili Asisten Adminstrasi Umum Setda Kepulauan Bangka Belitung drg Mulyono Susanto, MHSM meninjau langsung kegiatan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil di Sentra Vaksinasi RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, Kamis (19/8/2021).

"Kelompok ibu hamil sekarang sudah dapat menerima Vaksin Covid-19 sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tanggal 2 Agustus 2021," ujar Mulyono.

Menurut Mulyono, ibu hamil merupakan satu di antara kelompok yang sangat berisiko bila terpapar Covid-19. Sasaran vaksin ibu hamil diutamakan pada kelompok tenaga kesehatan, ibu hamil risiko tinggi, usia di atas 35 tahun disertai komorbid (contoh: hipertensi, Diabetes Mellitus, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit autoimun), obese (BMI di atas 30) dan risiko rendah yang dapat dilakukan vaksinasi Covid-19 setelah konseling.

"Saya meminta kepada ibu hamil usia kehamilan 13 sampai 33 minggu, yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk datang ke sentra-sentra vaksinasi yang ada di wilayah masing-masing untuk menerima vaksinasi Covid-19. Tidak perlu ada keraguan" tegas Mulyono.  

Kegiatan pencanangan tersebut dihadiri langsung Wali Kota Pangkalpinang, DR H Maulan Aklil, S.Ip, M.Si. Pada kesempatan tersebut Walikota Pangkalpinang, menyampaikan bahwa saat ini Pangkalpinang sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi sesuai kebijakan pemerintah, siap untuk melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil dan berharap pemerintah pusat dapat memenuhi kebutuhan vaksin di daerah sehingga Wali Kota berharap vaksinasi tersebut dapat mencapai target 70 persen.

“Target di provinsi 5.983 dan untuk Pangkalpinang 907 orang. Semua insyaAllah bisa kami laksanakan dengan baik, namun mohon untuk ditambah vaksinnya jadi bisa melaksanakan target vaksinnya agar 70% dari arahan pak Jokowi dan siap laksanakan sesuai arahan," katanya.

Pada acara yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) tersebut, Ketua POGI Cabang Bangka Belitung dr H Muhammad Brizain, SPOG menyampaikan bahwa mulai hari ini ibu hamil khususnya di Bangka Belitung harus dilindungi dengan vaksinasi dan Brizain juga kembali mengingatkan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan ketat.

“Supaya ibu hamil tidak berkerumun, kita siapkan sentra vaksinasi di seluruh Wilayah Bangka Belitung ada dijadwal bisa registrasi online dan dinkes kabupaten kota yang menentukan sentra vaksinnya mulai hari ini,” rambah Brizain.

Kegiatan pencanangan dihadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Babel dan Kota Pangkalpinang, Kepala KKP, Ketua IDI Wilayah, Ketua IDI Cabang Pangkalpinang, Ketua PD IBI, Kepala BKKBN provinsi dan OPD KB Kota Pangkalpinang, Direktur RS se-Pangkalpinang, tenaga kesehatan termasuk anggota POGI dan ibu hamil yang menjadi sasaran vaksinasi serta mitra lainnya. (*)

Penulis: Itsnataini
Foto: Zufikri T

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved