Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Jaga Ketersedian Stok Oksigen, Satgas Dorong Pelancaran Distribusi Bahan Baku Liquid Oksigen

Tamrin mengatakan untuk menjaga ketersedian oksigen untuk menangani Covid-19 dengan upaya menjaga jalur distribusi bahan bakunya.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: khamelia
bangkapos.com/ Cepi Marlianto
100 Koli Konsentrator Oksigen Dari Jokowi Mendarat di Bangka Belitung 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekretaris Satuan Tugas Oksigen sekaligus Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangka Belitung Tamrin mengatakan untuk menjaga ketersedian oksigen untuk menangani Covid-19 dengan upaya menjaga jalur distribusi bahan bakunya.

Dia membeberkan ada tiga distributor di pulau Bangka yang menyediakan kebutuhan oksigen meliputi PT Igas di Baturusa, PT Oksigen Prima Lestari (OPL) di Ketapang, Pangkalbalam dan PT Gasigen Bangka Pratama di Kenanga.

Baca juga: Demi Belajar Online, Siswi SD di Sungailiat Ini Tak Malu Jadi Pemulung, Wulan: Hp-ku Sering Error

"Tiga inilah yang melayani oksigen di pulau Bangka. Kondisi kita masih cukup karena didistribusi tiga penyediaan ini, di dalam pemberian ke rumah sakit sangat selektif dan sesuai dengan kedaruratan yang ada dan hal ini sudah kami sampaikan kepada tiga distributor tersebut," kata Tamrin saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (20/8/2021).

Lebih lanjut, Dia menyebutkan stok oksigen saat ini terpenuhi dan bisa bertahan hingga dua hari kedepannya.

"Para perusahaan ini juga sudah berusaha mendatangkan liquid dari Jakarta melalui pengiriman iso tank mereka, kita bantu koordinasi dengan pihak pelabuhan agar mobil yang membawa ini menjadi prioritas, intinya ini upaya kita melancarkan bahan bakunya," kata Tamrin.

Baca juga: Cara Mudah Melacak Lokasi Seseorang di WhatsApp, Tak Perlu Aplikasi Tambahan, Bisa 15 Menit & 1 Jam

Selain itu, Dia menilai apabila bahan baku lancar didatangkan maka tidak akan ada masalah kekurangan oksigen lagi.

"Ada bantuan juga dari pemerintah pusat yakni konsentrator oksigen dan tentu ini membantu. Kita juga akan ada bantuan lagi dari Mabes Polri yakni 1 iso tank, kapasitas 20 ton bisa untuk 2.100 isi tabung yang 6 m3. Mudah-mudahan dari lancar pengiriman liquid dan bantuan dari pusat ini dapat membantu ketersedian oksigen ini," kata Tamrin.

Dihubungi terpisah, Plt Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Ir Soekarno Bangka Belitung, dr Bahrun Siregar mengatakan penanganan Covid-19 di rumah sakit darurat Covid-19 menghabiskan hampir 250 tabung oksigen per hari.

"Sekarang ini pemasok dsri distributor lancar jadi tidak ada masalah, berapa pun yang kita minta pasti dikasih, jadi tidak ada kendala," kata dr Bahrun.

Diakuinya, ketersediaan oksigen ini memang untuk menangani pasien Covid-19, pasalnya pasien dengan gejala berat sangat membutuhkan alat bantu pernapasan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved