Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Masyarakat Umum di Kota Pangkalpinang Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Moderna, Tersedia 10.640 Dosis

dr Della Rianadita menyebut, Kota Pangkalpiang mendapatkan distribusi vaksin Moderna sebanyak 10.640 ribu dosis untuk masyarakat umum.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Ilustrasi penyuntikan vaksinasi Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Masyarakat umum di Kota Pangkalpinang sudah boleh mendapat vaksinasi Covid-19 jenis Moderna.

Sebelumnya, vaksin Covid-19 Moderna di Indonesia hanya diperuntukkan khusus bagi tenaga kesehatan sebagai vaksin ketiga atau booster.

Kabid pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr Della Rianadita menyebut, Kota Pangkalpiang mendapatkan distribusi vaksin Moderna sebanyak 10.640 ribu dosis untuk masyarakat umum bukan lagi tenaga kesehatan (nakes).

Sementara untuk Nakes kata Della, tersedia 2.100 dosis vaksin moderna sebagai vaksin ketiga atau booster.

"Jadi yang berhak menerima vaksin ketiga atau booster itu hanya nakes tapi saat ini di Pangkalpinang sudah ada vaksin moderna yang dapat digunakan masyarakat umum," kata Della kepada Bangkapos.com, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Percha Leanpuri Meninggal di Usia 35 Tahun, Menhub Budi Karya hingga Teman SMP Kenang Sosoknya

Baca juga: 15 Tahun Menikah, Wanita Ini Tak Penah Tidur dengan Suami, Alasannya Ternyata Bikin Sedih

Baca juga: Cara Mudah Melacak Lokasi Seseorang di WhatsApp, Tak Perlu Aplikasi Tambahan, Bisa 15 Menit & 1 Jam

Kata Della, vaksin jenis moderna untuk masyarakat umum hanya diperuntukan bagi masyarakat yang belum sama sekaki menerima vaksin saja bukan untuk penyuntikan ketiga.

"Tetapi dia bukan booster artinya yang belum vaksin pertama dan kedua berkesempatan untuk menerima vaksin moderna hak nakes yang mendapat tiga dosis itu," tuturnya.

Della mengatakan, efektivitas vaksin moderna memang lebih tinggi dari pada vaksin Sinovac yakni 94,1 persen.

"Hari ini sudah bisa digunakan di Puskesmas, seperti hari ini yang buka layanan vaksinasi ada Puskesmas Tamansari, Puskesmas Pasir Putih, Kacang Pedang dan RSUD Depati Hamzah sudab ada di semua layanan vaksin covid-19  di Pangkalpinang," jelas Della.

Baca juga: BREAKING NEWS, Warga Dusun Rumpis Simpang Teritip Digegerkan Penemuan Bayi di Dalam Semak

Della menjelaskan vaksin Covid-19 Moderna yang dikembangkan dengan teknik mRNA, memiliki daya imunogenitas yang lebih tinggi daripada vaksin inactivated seperti digunakan Sinovac.

"Tentu saja beda kalau daru vaksin Sinovac dia virus yang dimatikan kakau Moderna dia semacam mRNA Covid-19. Kalau efektivitas Sinovac 65-70 persen sedangkan Moderna efektuvitasnya dapat mencegah covid-19 itu 94,1 persen," bebernya.

"Vaksin Covid-19 dengan platform mRNA dengan nukleosida dimodifikasi yang dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 sehingga dapat mencegah penyakit Covid-19," lanjutnya.

Meskipun juga diberikan kepada masyarakat umum, namun Della menuturkan suntikan ketiga (booster) Moderna bagi para tenaga kesehatan juga terus dilanjutkan.

Sedangkan pada fasilitas pelayanan kesehatan, kata Della, vaksin Moderna dapat disimpan pada "vaccine refrigerator" suhu 2 hingga 8 derajat celsius.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved