Breaking News:

Advertorial

Dosen IAIN SAS Bangka Belitung Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Air Anyir

Kegiatan ini juga didukung oleh para tokoh masyarakat Air Anyir, dan masyarakat desa Air Anyir dan tetap Menerapkan Protokol Kesehatan.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: khamelia
IAIN SAS Bangka Belitung
Program Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat, di Masjid Farhan Kamal Desa Air Anyir Kecamatan Merawang, Kamis, (19/08/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT), LP2M yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat setiap tahunnya menyelenggarakan Program Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LITAPDIMAS).

Program LITAPDIMAS ini salah satu kegiatannya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).  Pada Kamis, (19/08/2021) di Masjid Farhan Kamal Desa Air Anyir Kecamatan Merawang, PKM yang bertemakan “Membangun Moderasi Beragama Di Desa Air Anyir”.

TIM PKM ini adalah para dosen IAIN SAS BABEL, Dody Irawan, M.Pd sebagai Koordinator Tim, kemudian anggota tim adalah Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Dr. H.Muh Misdar, M.Ag, Ketua Rumah Moderasi Beragama IAIN SAS Babel  Dr. Noblana Adib M.Pd.I.,MA, kemudian dosen dan pegawai IAIN SAS BABEL yaitu Dr.Rada,M.Pd.I, Dwi Haryanti, M.Pd.I, Nelly Sanawiyah, S.Sos, M.M, Rulli Fajrin, S.I.Pust, Aisyah, A, Ma.Pust dan juga terlibat mahasiswa IAIN SAS BABEL Prodi Jurnalistik Islam, Ahmad Hanafi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para tokoh masyarakat Air Anyir, dan masyarakat desa Air Anyir dan tetap Menerapkan Protokol Kesehatan.

Kegiatan PKM di Desa Air Anyir ini di buka oleh Rektor IAIN SAS Babel Dr.Zayadi,M.Ag. 

Dalam sambutannya Dr, Zayadi M.Ag mengatakan menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kegiatan ini sekaligus ingin memperkenalkan kampus IAIN SAS Babel kepada masyarakat dan mengatakan Moderasi Beragama bukan hal asing dalam upaya  meneguhkan komitmen beragama, berbangsa dan bernegara. Sosialisasi moderasi beragama  penting untuk memberikan wawasan dan pemahaman sehingga Islam rahmatan lil ‘alamin bisa berjalan dengan baik.

PT memiliki fungsi pendidikan, yaitu seharusnya mampu mempersiapkan warga bangsa berperspektif Moderasi Beragama serta mampu mempersiapkan penguatannya.

Selanjutnya, PT memiliki fungsi penelitian, mampu untuk melakukan penelitian dan pengembangan Moderasi Beragama dan sebagai objek penelitian. Kemudian PT bekerja dalam bidang pengabdian masyarakat. Dalam kerjanya di bidang PKM PT harus mampu mengarusutamakan perspektif Moderasi Beragama dalam masyarakat.

Berikutnya Dr, Zayadi  M.Ag mengatakan IAIN SAS BABEL sebagai pusat studi dan pusat dakwah menyiarkan Islam yang moderat atau Islam rahamatan Lil’alamin.

Islam yang mengamalkan prinsip tawasuth (moderat), tawazun (seimbang), dan tasamuh (tenggang rasa) tanpa mencerabut kultul dan fakta sosial keindonesian yang majemuk.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved