Breaking News:

Mulai Banyak Dibudidayakan, Ini 5 Manfaat Porang bagi Kesehatan

Tanaman porang kini banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tepung, mi shirataki, gelatin, sampai konyaku.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
KOMPAS.com/Muhlis Al Alawi
UMBI PORANG - Paidi, warga Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun menunjukkan umbi porang yang akan diekspor ke luar negeri. Paidi sukses mengembangkan porang hingga mengubah nasibnya pemulung menjadi miliarder. 

BANGKAPOS.COM - Tanaman porang kini tengah menarik perhatian. Hal itu tidak lepas dari Presiden Jokowi yang beberapa waktu lalu melarang ekspor porang dalam bentuk umbi.

Selain itu, melalui unggahan Instagram, Presiden Jokowi kembali menekankan bahwa tanaman porang dapat menjadi komoditas ekspor andalan baru bagi Indonesia.

"Tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya. Dan itulah yang saya pesankan kepada Menteri Pertanian, tadi ketika saya berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur," tulis Presiden Jokowi di akun Instagram @Jokowi, Jumat (20/8/2021).

Apa itu tanaman porang? Dikutip dari berita Kompas.com yang melansir website Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Jumat (20/8/2021), tanaman porang merupakan tanaman anggota family Aracacea yang secara umum dikenal dengan nama bunga bangkai karena baunya yang tidak sedap.

Di beberapa daerah, tanaman ini dikenal dengan nama-nama yang berbeda, antara lain seperti iles-iles, iles kuning acung atau acoan.

Tanaman porang kini banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tepung, mi shirataki, gelatin, sampai konyaku.

Bukan itu saja, tanaman porang juga bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan lem, pelapis antiair, cat, pengisi tablet, pengental, negatif film, pita seluloid, sampai kosmetika.

Selain manfaat dan kegunaan di atas, porang juga memiliki manfaat kesehatan. Apa saja?

Manfaat tanaman porang bagi kesehatan
Seperti halnya tanaman umbi-umbi lain, porang juga mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, kristal kalsium oksalat, alkaloid, dan serat pangan.

Karena itu, tanaman porang memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Dikutip dari Kompas Health, berikut adalah manfaat porang bagi kesehatan:

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved