Breaking News:

Bangka Pos Hari Ini

Umar Dani: Percepat Vaksinasi di Bangka Belitung Akan Melibatkan Vaksinator dari BKKBN

ketersediaan vaksin masih cukup. Termasuk, vaksinator yang sampai saat ini jumlahnya sebanyak 938 orang.

Editor: Agus Nuryadhyn
Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra
Kegiatan vaksinasi untuk anak-anak usia 12-17 tahun di Gedung Sepintu Sedulang, Jum'at (20/8/2021).(ilustrasi) 

BANGKAPOS.COM -  Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Vaksinasi Babel, sekaligus Wakapolda Babel, Brigjen Pol Umar Dani memastikan target vaksinasi di wilayahnya mencapai 20.000 orang per hari.

Jumlah ini sesuai dengan kesiapan 88 gerai vaksinasi yang ada di Babel.

Umar Dani mengatakan jumlah ini jika dikalkulasi dengan satu gerai yang melayani kurang lebih sekitar 2.500 orang.

"Ini berat, jadi kita harus ada terobosan lain, jadi tidak menggunakan fasilitas kesehatan mungkin ada vaksinasi keliling jadi masyarakat Lansia, disabilitas atau yang ada permasalahan dengan kondisi fisik bisa didatangi petugas," jelas Umar Dani, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Bangka Belitung Masih Naik Turun

Ia juga memastikan ketersediaan vaksin masih cukup. Termasuk, vaksinator yang sampai saat ini jumlahnya sebanyak 938 orang.

"Tapi dari jumlah itu tidak penuh sebagai vaksinator, karena masih punya tanggung jawab lain sesuai tugas pokoknya, ada yang dokter, perawat, bidan harus melaksanakan tugas rutinnya, jadi kita sepakati per shift dibagi tiga kelompok, sehingga tidak ada yang dirugikan, dan pelayanan masyarakat di luar vaksin dapat terlayani," jelasnya.

Menurutnya, guna mempercepat program vaksinasi, pihaknya juga melibatkan vaksinator dari BKKBN.

"Ditambah vaksinator dari BKKBN, jadi bidan di desa yang sudah dilatih. Jumlahnya cukup banyak 169 orang, jadi bisa diberdayakan untuk memperkuat tenaga vaksinator yang ada," kata Umar Dani.

Baca juga: Boy Yandra Bersyukur Hari Ini Jumlah Warga yang Sembuh Covid-19 Bertambah Banyak

Harapannya, dengan kolaborasi Satgas ini, target vaksinasi di Babel, dapat tercapai.

"Dulu masih secara sektoral, dengan adanya Satgas tiga unsur tergabung, jadi kolaborasi terintegrasi untuk sama sama melaksanakan vaksinasi di seluruh wilayah Babel. Mudah mudahan kolaborasi ini target vaksinasi Babel bisa dicapai, dengan catatan ketersediaan vaksinnya ada," jelasnya.

Juru Bicara Vaksinisasi di Babel, sekaligus Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo mengatakan cakupan vaksin ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan di Babel, baru 20,72 persen per 19 Agustus 2021.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved