Breaking News:

Berita Belitung Timur

Camat Kelapa Kampit Siap Dukung Perpusdes Cendil Tige Kubok Juara Nasional  

Camat Kelapa Kampit berkomitmen mendukung Perpustakaan Desa Cendil Pustaka Cendil Tige Kubok dalam Lomba Perpusdes oleh Perpustakaan Nasional Republik

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Tampak depan Perpustakaan Desa Pustaka Cendil di Kelapa Kampit, Selasa (24/8/2021). (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Camat Kelapa Kampit berkomitmen mendukung Perpustakaan Desa Cendil Pustaka Cendil Tige Kubok dalam Lomba Perpusdes oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dia optimis Perpusdes tersebut bisa jadi juaranya karena seluruh unsur yang menjadi indikator penilaian telah dapat dipenuhi dengan baik.

Hal itu ia katakan seusai mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin mempresentasikan Perpusdes tersebut di hadapan tujuh juri dari lintas kementerian secara virtual, Selasa (24/8/2021) di Perpusdes Cendil.

“Sebelum presentasi saya pantau sudah sangat dipersiapkan. Segala kekurangan sudah diperbaiki dan yang sudah baik ditingkatkan terkait dengan indikator penilaian," kata Syahril.

Dia sendiri bilang bahwa akan terus mendukung supaya tujuan Perpusdes Cendil bisa tercapai. Dukungan tersebut dikatakannya berbentuk pengalokasian anggaran dari kecamatan dan juga pembinaan supaya perpusdes ini bisa konsisten dalam memberikan pemahaman dan menumbuhkan budaya literasi kepada masyarakat sekitar.

“Secara intens akan kita lakukan pembinaan sesuai dengan kapasitas Kecamatan kepada unsur-unsur yang ada di desa termasuk di bidang perpustakaan ini, sehingga tidak hanya di desa Cendil ini saja, tapi bagaimana perpustakaan desa lainnya juga dapat mengambil peran serupa,” katanya.

Senada, Kepala Desa Cendil Juanda mengatakan pihak desa sudah memprioritaskan perpusdes lewat anggaran dana desa yang mereka kucurkan. Apalagi, katanya, perpusdes di desanya sudah melangkah jauh ke nasional dan ia rasa patut didukung baik moril maupun materil.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Desa Pustaka Cendil, Eka Ria Lestari mengatakan bahwa dia optimis tahun ini akan jadi juara karena sudah banyak hal yang ia persiapkan. Utamanya dalam pengelolaan Perpusdes yang berkesinambungan dan tertib administrasi. Selain itu juga, pembangunan ekonomi masyarakat sekitar juga dikatakannya mempunyai efek dari keberadaan perpusdesnya karena bisa membuat berbagai pelatihan yang mengembangkan keahlian, seperti pembuatan naget dari ikan dan produk lainnya.

"Semoga bisa mendapatkan prestasi lagi tahun ini di bidang pengelolaan perpusdes. Setelah tahun 2020 mendapatkan predikat terbaik dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial," harapnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved