Breaking News:

Human Interest Story

Gaby Wakili Bangka Belitung dalam Ajang Parlemen Remaja 2021 tingkat Nasional

Gabriele Claresta atau yang akrab dipanggil Gaby, Siswi SMA Negeri 1 Manggar Belitung Timur (Beltim) terpilih sebagai perwakilan Provinsi Kepulauan

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
istimewa
Gabriele Claresta Zou. (Ist/Pribadi) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Gabriele Claresta atau yang akrab dipanggil Gaby, Siswi SMA Negeri 1 Manggar Belitung Timur (Beltim) terpilih sebagai perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam Ajang Parlemen Remaja 2021 tingkat Nasional. Dihubungi Posbelitung.co, Selasa (24/8/2021), Gaby mengaku bangga sekaligus tidak percaya bahwa bisa melangkah sampai sejauh ini.

Dara kelahiran 8 Juli 2006 ini mengatakan banyak pesaing yang menurutnya lebih bagus dan layak mendapatkan posisinya saat ini. Namun, karena pantang menyerah dan kegigihan kuat membanggakan orang tua, Gaby akhirnya bisa menjadi yang terbaik di provinsi penghasil timah ini.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena bisa mewakili provinsi tercinta ini. Sebenarnya tidak menyangka bisa menang karena pesertanya itu ada 5.458 siswa dari 4.433 sekolah dan 387 kabupaten/kota se-Indonesia. Dari peserta ribuan itu yang terpilih hanya 131 orang, dari Bangka Belitung ada dua yang lolos," ujar putri pertama  Sukianto dan Helen ini.

Berbagai proses dia lalui agar bisa terpilih, salah satunya yaitu membuat esai bertema 'Remaja di Era Kebebasan Informasi : Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas'. Dengan tema itu dia harus berusaha menggali informasi dan referensi sebanyak mungkin dalam penulisan esai yang menjadi syarat utama ajang tersebut.

Tidak hanya itu, Gaby juga harus menyiapkan video pendukung yang menguatkan esai hasil karyanya. Berkat kerja tekunnya, akhirnya dia bisa merampungkan esai berjudul 'Siaran Berkualitas, Siarannya Remaja Berintegritas'.

"Sebenarnya saya agak gugup karena ini kali pertama ikut di ajang ini. Tapi karena saya memang tertarik dengan bidang hukum dan politik saya percaya dengan kemampuan dan usaha yang sudah dilakukan berbulan-bulan kemarin," kata Gaby.

Keberhasilannya dia akui tidak lepas dari berbagai pihak yang mendukung, terutama dari orang tua, pembimbing, dan sekolah yang benar-benar memberikan dukungan luar biasa.

"Pastinya keberhasilan saya ini bukan hanya karena usaha saya pribadi. Orang tua terutama juga memberikan banyak impact dalam keberhasilan ini. Tidak terkecuali pembimbing yang luar biasa serta pihak sekolah yang benar-benar ingin siswanya terus berprestasi adalah pihak-pihak yang luar biasa buat saya. Oleh sebab itu, saya benar-benar berterimakasih," ujar Gaby.

Dia meminta dukungan kepada masyarakat Belitung Timur supaya di tingkat nasional dia bisa membawa prestasi terbaik.

“Ajang nasionalnya akan digelar tanggal 13-17 September 2021 secara virtual. Saya mohon doa dan dukungannya kepada seluruh masyarakat Belitung Timur. Semoga bisa membanggakan semuanya," pinta Gaby yang punya hobi menggambar, berorganisasi dan public speaking ini.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Manggar Sabarudin menyatakan kebanggaannya terhadap prestasi siswinya yang saat ini duduk di kelas X tersebut. Sabarudin bilang Gaby adalah contoh siswa yang punya kemampuan dan semangat tinggi pasti mampu berprestasi. Terlepas dia siswa baru ataupun siswa yang sudah lama menjadi bagian SMA tersebut.

"Tentunya saya ucapkan selamat kepada Gaby, pembimbing, dan orang tuanya Terima kasih karena atas kerja keras, kerjasama, dan komitmennya untuk terus berprestasi. Semoga Gaby nanti juga dapat memberikan prestasi terbaik di tingkat nasional. Yang pasti kami dari pihak sekolah siap mendukung semua yang Gaby perlukan," kata Sabarudin. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved