Breaking News:

Virus Corona

Dinkes Babel Percepat Herd Immunity, 354 Warga di Desa Rebo Sudah Disuntik Vaksin

Sebanyak 354 warga di Bukit Sakbuk, Desa Rebo Sungailiat sudah disuntik vaksin AstraZeneca, Senin (23/8/2021).

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
(Foto Ist/Dinkes Babel).
Vaksinasi massal di Bukit Sakbuk, Desa Rebo Sungailiat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 354 warga di Bukit Sakbuk, Desa Rebo Sungailiat sudah disuntik vaksin AstraZeneca, Senin (23/8/2021).

Kegiatan vaksinasi massal ini diinisiasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung yang terdiri dari tim vaksinator dari Puskesmas Kenanga, RSUP Dr. Ir.Soekarno, RSJ Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, RS DKT dan LANAL.

Penanggung Jawab Program Imunisasi Dinkes Provinsi Kepualau Babel, Enni Ristiyani, SKM mengatakan target vaksinasi adalah 400 Orang.

Baca juga: Bukan karena Koin Kelapa Sawit, Pria Ini Bisa Beli Mobil Buat Banyak Orang Berkat Uang Kembalian

Baca juga: Cek Daftar Harga Sepeda Polygon Agustus 2021, Jenis Sepeda Balap Kini Paling Diminati

"Pelaksanaan dimulai dengan pendaftaran atau input data, skrining kesehatan, penyuntikan, observasi. Syaratnya itu masyarakat usia diatas 18 Tahun," ujar Enni saat dihubungi bangkapos.com, Rabu (25/8/2021).

Sementara untuk vaksin kedua dijadwalkan 12 minggu ke depan di fasilitas kesehatan yang tersedia stok vaksin.

"Tujuan kegiatan ini untuk mengurangi transmisi penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (Herd Immunity) dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara social dan ekonomi," kata Enni.

Dia menambahkan kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah.

"Kegiatan tersentralisasi juga dilakukan di beberapa lokasi yang sudah dijadwalkan di Setiap kabupaten kota. Namun pelayanan vaksinasi tetap dilaksanakan secara rutin oleh fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, dan sebagainya," katanya.

Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung berharap agar semua masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung kegiatan vaksinasi yang dilakukan untuk memutuskan rantai penularan Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1-2 meter.

"Untuk mempercepat kita melakukan kerja sama dan advokasi kepada pemangku kebijakan setempat, badan usaha milik negara daerah atau badan usaha swasta, organisasi profesi atau kemasyarakatan, Tentara Nasional Indonesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia dan seluruh komponen masyarakat," kata Enni.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved