Breaking News:

Opini

Pengaduan Bukanlah Pencemaran Nama Baik

Profesional, transparansi, dan akuntabilitas adalah beberapa asas yang dilanggar jika masih ada resistensi atas setiap aduan.

Editor: Agus Nuryadhyn
Istimewa/Kgs.Chris Fither
Kgs.Chris Fither 

* Kgs Chris Fither - Asisten Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung

BANGKAPOS.COM - DI era disrupsi saat ini, masih banyak dijumpai potret tidak terbukanya penyelenggara pelayanan publik atas aduan/laporan masyarakat terhadap dugaan malaadministrasi dalam pelayanan publik.

Tak tahu apa yang melatarbelakanginya, namun patut diduga resistensi yang muncul ditengarai karena mentalitas penyelenggara yang tidak sesuai dengan asas asas pelayanan publik dan tipikal penyelenggara yang antikritik.

Profesional, transparansi, dan akuntabilitas adalah beberapa asas yang dilanggar jika masih ada resistensi atas setiap aduan.

Baca juga: Menkes Target Vaksinasi Covid-19 Selesai Januari 2022, Suntikan Vaksin 50 Juta Dosis Setiap Bulan

Perilaku yang cenderung agresif dan resisten terhadap kritik atau aduan/laporan makin menunjukkan bahwa ada malaadministrasi yang mengakar yang seharusnya bisa dihilangkan, bukan dikembangbiakkan.

Akan sangat sulit tercipta perbaikan layanan jika terhadap laporan/pengaduan yang sejatinya adalah keluhan justru ditanggapi secara negatif. Padahal, pengaduan/laporan yang masuk dapat dijadikan sebagai sarana perbaikan layanan ke depannya.

Dalam proses penyelesaian laporan masyarakat di Ombudsman, ada beberapa contoh bentuk resistensi yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik atas aduan/laporan dari masyarakat.

Mulai dari merasa tidak terima dan marah kepada pelapor, merasa keberatan jika dilakukan pemeriksaan oleh Ombudsman sampai mengancam pelapor untuk dilaporkan kepada aparat penegak hukum dengan delik pencemaran nama baik.

Baca juga: Pendidikan yang Menenteramkan

Lalu, apakah patut demikian? Benarkah aduan/laporan yang disampaikan kepada lembaga resmi adalah pencemaran nama baik? Berikut uraian pembahasannya.

Pencemaran nama baik

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved