Breaking News:

Tetap Bersih dan Berkilau, Ini Tips Mencuci Pakaian Putih

Salah satu cara mencegah pakaian putih yang berubah warna adalah menyortir pakaian sesuai dengan warna sebelum mencucinya.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
http://informasitips.com
Ilustrasi - Virus tidak bekerja dengan baik di kandungan yang keras seperti deterjen. Agar aman, sebaiknya mencuci pakaian dilakukan secara teratur tanpa menunggu cucian menumpuk. 

BANGKAPOS.COM - Meski prosesnya tampak sederhana, nyatanya masih ada saja orang tidak mencuci pakaian dengan tidak tepat sehingga membuat pakaian menjadi rusak.

Umumnya, pakaian putih kerap mengalami permasalahan saat mencucinya seperti berubah warna menjadi kuning atau abu-abu.

Salah satu cara mencegah pakaian putih yang berubah warna adalah menyortir pakaian sesuai dengan warna sebelum mencucinya.

Melansir dari Martha Stewart, Rabu (25/8/2021), berikut ini beberapa cara mencuci pakaian putih agar tetap bersih dan berkilau.

1. Menjaga agar tetap putih
Penyebab utama pakaian putih menjadi abu-abu atau kusam adalah karena penyortiran yang salah.

Orang umumnya memiliki sedikit pakaian putih sehingga mereka cenderung mencampurnya dengan pakaian berwarna.

Sayangnya, beberapa jenis kain, terutama katun tidak tahan warna, sehingga molekul pewarnanya luntur dan menempel pada kain lain, terlebih pada kain putih dan kain ringan lainnya.

Kualitas air juga dapat mempengaruhi pakaian putih. Air yang mengandung zat besi, air sadah atau kaya kalsium, dan magnesium dapat membuat detergen kurang efektif dan menyebabkan warna memudar.

2. Cuci secara terpisah dari pakaian berwarna
Cara terbaik menjaga pakaian putih saat mencuci adalah memisahkannya dari pakaian berwarna dan mencucinya bersama pakaian atau kain putih lainnya menggunakan air panas yang dapat ditoleransi kain.

Selain itu, pilih detergen dengan alternatif pemutih atau enzim dan gunakan dalam jumlah yang direkomendasikan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved