Breaking News:

Lindungi Tubuh, Ini Efek Minum Air Putih untuk Jantung

Meminum air putih dalam jumlah memadai dan mempertahankan kebiasaan tersebut bisa mengurangi risiko gagal jantung.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
freepik.com
Ilustrasi air minum 

BANGKAPOS.COM - Segelas air putih dapat mencegah dehidrasi, tubuh lemas, dan melemahnya otot.

Air putih juga berfungsi menjaga kesehatan ginjal dan otak. Bahkan penelitian terbaru membuktikan, risiko gagal jantung bisa dicegah jika kita meminum air putih.

Meminum air putih dalam jumlah memadai dan mempertahankan kebiasaan tersebut bisa mengurangi risiko gagal jantung.

Hasil penelitian tersebut dipresentasikan dalam konferensi European Society of Cardiology baru-baru ini.

Sayangnya, para peneliti dari National Institutes of Health mengungkap, banyak orang tak mencapai standar minimum dalam hal meminum air putih.

"Studi kami menunjukkan, menjaga hidrasi tubuh dapat mencegah atau setidaknya memperlambat perubahan di dalam jantung yang menyebabkan gagal jantung." Demikian pemaparan penulis studi Natalia Dmitrieva, yang juga peneliti di National Heart, Lung, and Blood Institute.

"Temuan ini mengungkapkan, kita perlu memerhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi setiap hari dan bertindak jika kita minum terlalu sedikit."

Para peneliti menemukan, asupan cairan harian sekitar 2-3 liter per hari (untuk pria) dan 1,6 -2,1 liter per hari (untuk wanita) bisa mencegah risiko gagal jantung. Memenuhi asupan air putih juga dapat mencegah dehidrasi dan memberikan efek perlindungan.

Apabila asupan cairan kurang dari jumlah yang disebutkan, konsentrasi natrium atau garam di dalam tubuh seseorang menjadi terlalu tinggi dan meningkatkan risiko gagal jantung.

Satu hal yang menjadi catatan, memenuhi asupan cairan adalah tindakan jangka panjang. Karena itu, cara ini tidak akan membantu mencegah risiko gagal jantung jika kita tidak konsisten.

"Wajar jika kita berpikir hidrasi dan natrium serum berubah dari hari ke hari tergantung dari seberapa banyak kita minum air setiap hari," kata Dimietrieva.

"Namun, konsentrasi natrium serum tetap berada di kisaran yang sama, hal ini kemungkinan terkait dengan kebiasaan mengonsumsi cairan." (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Minum Air Putih untuk Kurangi Risiko Gagal Jantung, Sudah Tahu?"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved