Breaking News:

Opini

Memberdayakan Perempuan di Masa Pandemi

Berbicara mengenai ekonomi, perempuan merupakan agent of development yang perannya sangat dibutuhkan dalam perkembangan perekonomian.

Editor: Agus Nuryadhyn
Memberdayakan Perempuan di Masa Pandemi
ISTIMEWA
Ridho Ilahi, SST, M.Stat - Statistisi Muda, Bekerja di BPS Kabupaten Bangka

* Ridho Ilahi, S.S.T, M.Stat. - Fungsional Statistisi Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka

BANGKAPOS.COM -  Kiprah perempuan dalam pembangunan nasional tidak bisa dipandang sebelah mata.

Menurut Hubeis (1985) perempuan memegang peranan strategis yakni sebagai pekerja rumah tangga (mengatur rumah, membesarkan dan mengasuh anak), berperan sebagai pekerja transisi (bekerja dalam bidang usaha keluarga) dan sebagai pekerja di luar rumah tangga sebagai perempuan karier.

Dalam satu dekade terakhir perempuan seolah menjadi bintang dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Berbicara mengenai ekonomi, perempuan merupakan agent of development yang perannya sangat dibutuhkan dalam perkembangan perekonomian.

Baca juga: Bupati Babar Janji Sampaikan Keluhan Masyarakat ke Gubernur, Sukirman: Urusan Laut Ranahnya Pemprov

Dalam mendidik generasi penerus bangsa, perempuan perlu memiliki wawasan dan pengalaman yang luas di bidang teknologi informasi dan komunikasi agar optimal dalam menjalankan perannya.

Saat perempuan menjadi kaum terdidik, mempunyai pendapatan mandiri, serta bebas untuk bekerja di luar rumah mengindikasikan kesejahteraan rumah tangga meningkat.

Hasil Sensus Penduduk 2020 (SP2020) mencatat jumlah perempuan Indonesia sebanyak 133,54 juta jiwa dengan rasio jenis kelamin sebesar 102.

Baca juga: Pemkab Babar Akan Panggil PT LSM, Bong Ming Ming: Kita Cari Solusi Jangan Sampai Meresahkan

Perempuan yang populasinya hampir sama dengan laki laki yang didominasi oleh generasi Z dan milenial merupakan sumber daya manusia yang potensial bagi pembangunan.

Dengan proporsi perempuan Indonesia sebesar 49,42 persen, maka peran perempuan dalam pembangunan nasional sangat besar dan memiliki kontribusi yang signifikan dalam perekonomian, baik sebagai agen perubahan maupun subjek pembangunan.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved