Breaking News:

Video Perahu Nelayan Sudah Lancar Lewati Muara Air Kantung Sungailiat

Keluhan para nelayan terhadap parahnya pendangkalan alur muara Air Kantung Sungailiat akhirnya ditanggapi PT Pulomas Sentosa dengan mengerahkan satu k

Penulis: edwardi | Editor: fitriadi

BANGKAPOS.COM, - Keluhan para nelayan terhadap parahnya pendangkalan alur muara Air Kantung Sungailiat akhirnya ditanggapi PT Pulomas Sentosa dengan mengerahkan satu kapal isap untuk menyedot abrasi pasir yang terus menutupi mulut muara.

"Hari ini kita sudah mendatangkan satu kapal isap untuk menyedot pasir yang menutupi mulut muara Air Kantung. Saat ini kapal sedang menuju mulut muara Air Kantung Sungailiat menunggu kapal penarik ke mulut muara," kata Yanto alias Acun, Kepala PT Pulomas Sentosa Cabang Sungailiat kepada Bangkapos.com, Senin (23/08/2021).

Dilanjutkannya, saat ini sudah terbuat alur sekitar 200 meter dari mulut muara menuju arah laut untuk jalan masuk kapal isap.

"Mudah-mudahan sore ini sudah datang kapal tugboat Pejangkaran untuk menarik kapal isap itu menuju mulut muara Air Kantung," ujar Acun.

Ditambahkannya, PT Pulomas Sentosa sebelumnya sudah mengerahkan satu alat berat ekcavator untuk mengeruk alur muara Air Kantung.

"Untuk saat ini alur muara sudah bisa dilewati perahu nelayan ukuran besar, kita siapkan alat berat ekcavator standby di depan muara," tandas Acun.

Diakuinya beberapa hari sebelumnya ada beberapa unit TI apung rajuk yang beroperasi di kawasan laut depan mulut muara Air Kantung.

"Mereka ini diduga bekerja diluar IUP nya, sehingga mengganggu pekerjaan kita untuk membuat alur muara, tapi tadi pagi aktivitas TI apung ini sudah ditertibkan petugas dari Pos Polairud," tukas Acun.

Pantauan Bangkapos.com, Senin (23/08/2021) di lapangan beberapa perahu nelayan terlihat cukup lancar melewati mulut muara Air Kantung.

Juga terlihat ada satu alat berat terus bekerja mengeruk pasir untuk mendalami alur di mulut muara Air Kantung.

Sebelumnya puluhan perahu nelayan terpantau terjebak di laut depan muara Air Kantung Sungailiat karena tidak bisa masuk ke dalam dermaga pelabuhan Jelitik kawasan PPN Sungailiat, Minggu (15/08/2021).

Demikian juga dengan ratusan perahu yang akan pergi melaut juga tidak bisa keluar melewati mulut muara Air Kantung, karena mulut muara ditutupi pasir sehingga alur menjadi sangat dangkal dan sulit dilewati perahu nelayan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved