Breaking News:

Video Vaksin Moderna Tahap Pertama Disalurkan Ke Masyarakat Kabupaten Bangka Barat

Vaksinasi Moderna 169 Vial Tahap Pertama Disalurkan Ke Masyarakat Kabupaten Bangka Barat

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: fitriadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Suntik vaksin Moderna tahap pertama mulai dibagikan kepada masyarakat, sebanyak 169 vial yang disebar melalui fasilitas kesehatan (Faskes) di Kabupaten Bangka Barat.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma mengatakan vaksin Moderna dibagikan untuk masyarakat yang belum mendapatkan vaksin sebelumnya.

"Kalau untuk Moderna dia untuk tenaga kesehatan, sifatnya booster jadi dosis ketiga. Kalau untuk masyarakat, boleh untuk vaksin tahap satu dan tahap kedua. Saat ini sudah bisa untuk masyarakat umum, kalau mulai hari ini di aparatur dan seluruh puskesmas mulai saat ini," ujar Putra Kusuma, Kamis (19/08/2021).

Lebih lanjut Putra Kusuma mengatakan untuk masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin Sinovac ataupun Astrazeneca, tak perlu lagi mendapatkan vaksin Moderna.

"Untuk masyarakat regulasi dosis 1 dan 2, jadi kalau masyarakat sudah vaksin sinovac dak perlu lagi. Kalau Nakes juga kalau sebelumnya Astra gak bisa yang bisa sinovac, jadi sinovac dengan Moderna. Kalau dengan Astrazeneca, tidak diperbolehkan untuk dosis selanjutnya," katanya.

Lebih lanjut diketahui untuk vaksinasi Moderna diberikan kepada masyarakat dengan sasaran minimal 18 tahun ke atas, dengan interval empat minggu dari dosis pertama.

"Bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin, itu boleh vaksin Moderna satu dan dua. Ini lebih baik dari Sinovac, kalau Sinovac ini 63,5% kalau Moderna itu 94,1%," ucapnya.

Selain itu untuk penyebaran 169 vial yakni diantaranya faskes Kecamatan Tempilang, Kelapa, Jebus, Puput, Sekar Biru serta Muntok masing-masing 20 vial. Lalu untuk faskes Kundi sebanyak lima vial, simpant teritip 10 vial dan di RSBT sebanyak 14 vial.

Sementara itu pelaksanaan vaksinasi Moderna RSUD Sejiran Setason, dilakukan di Gedung Graha Aparatur dengan 20 vial yang dibagikan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Dedi (43) satu diantara warga Kecamatan Muntok yang mengikuti vaksinasi Moderna di Gedung Graha Aparatur yang berada, di Komplek Perkantoran Pemkab Bangka Barat mengatakan sempat ragu untuk suntik dosis pertama vaksin Moderna.

"Ragu ya karena taunya kan Sinovac tapi ini Moderna, ya gak apa-apa bismillah aja yang penting alhamdulillah sekarang bisa dapat vaksin," ungkap Dedi. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy).

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved