Breaking News:

Bertahan Sampai Panen, Ini 5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Berkebun Hidroponik

Selain mudah dilakukan, menanam sayuran dengan sistem hidroponik juga memungkinkan Anda memanen sayuran dan mengolahnya sendiri.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Bangkapos.com/Sela Agustika
lustrasi penanaman sayuran sawi menggunakan metode hidroponik 

BANGKAPOS.COM - Berkebun dengan sistem hidroponik kini banyak dilakukan para penghuni rumah.

Selain mudah dilakukan, menanam sayuran dengan sistem hidroponik juga memungkinkan Anda memanen sayuran dan mengolahnya sendiri.

Namun demikian, Anda perlu mengetahui kiat-kiat dalam berkebun hidroponik. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan, untuk memastikan kebun hidroponik Anda dapat tumbuh sehat hingga akhirnya bisa dipanen.

Dilansir dari Family Handyman, Jumat (27/8/2021), berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat berkebun hidroponik.

1. Menggunakan sistem yang mahal
Jika Anda baru memulai berkebun hidroponik, Anda tidak perlu berinvestasi dalam sistem yang mahal.

Ada kit ember hidroponik sederhana dengan harga terjangkau yang ideal memulai berkebun hidroponik.

Bahkan dengan mempertimbangkan biaya tambahan dari pupuk dan nutrisi, Anda tetap tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berkebun hidroponik.

2. Menggunakan pupuk biasa
Solusi nutrisi hidroponik diformulasikan secara khusus untuk mengencerkan dengan benar saat dipompa melalui sistem pertumbuhan, menjaga pengaturan berjalan lancar dan memberikan jumlah nutrisi yang tepat ke tanaman.

Pupuk biasa tidak akan encer sepenuhnya dan dapat merusak pompa dan peralatan lainnya. Mereka tidak boleh digunakan untuk taman hidroponik.

Bahkan dengan larutan nutrisi yang dibuat khusus untuk sistem tanam hidroponik, berhati-hatilah untuk tidak terlalu sering melakukan pemupukan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved