Breaking News:

Jadi Sumber Nutrisi, Air dan Bubuk Kopi Bisa Suburkan Tanaman

Dalam beberapa situasi, menggunakan kopi sebagai nutrisi tanaman adalah hal yang baik, meskipun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
skinnyms.com
Ampas kopi 

BANGKAPOS.COM - Jika kita mencari tips merawat tanaman, banyak artikel atau tayangan video yang menyarankan Anda menggunakan kopi, baik ampas kopi maupun bubuk kopi, sebagai pupuk tanaman. Kopi disebut merupakan sumber nutrisi bagi tanaman.

Namun demikian, apakah bisa menggunakan kopi sebagai pupuk tanaman atau sebagai kompos?

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (28/8/2021), jawabannya adalah ya. Dalam beberapa situasi, menggunakan kopi sebagai nutrisi tanaman adalah hal yang baik, meskipun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Berikut penjelasan mengenai penggunaan kopi untuk menyuburkan tanaman.

1. Ampas kopi atau bubuk kopi
Bubuk kopi adalah sumber nitrogen yang baik di tumpukan kompos atau ketika ditambahkan langsung ke tanah di kebun.

Jika ditambahkan dalam jumlah yang cukup besar, mereka dapat meningkatkan tingkat keasaman tanah untuk pecinta asam seperti blueberry, azalea, dan rhododendron.

Bubuk kopi yang ditaburkan di atas tanah di sekitar tanaman yang menyukai asam berfungsi sebagai pupuk asam ringan bagi tanaman tersebut.

Selain itu, cacing tampaknya menyukainya, baik di kebun Anda atau di tumpukan kompos luar ruangan atau di tempat sampah kascing.

Di samping itu, ampas kopi dianggap sebagai pencegah hama taman alami yang efektif seperti siput, siput, dan semut. Tidak hanya itu, bubuk kopi akan mencegah kucing nakal berkeliaran di kebun Anda, tetapi efektivitasnya pada hewan pengerat taman umum lainnya tidak diketahui.

2. Air kopi
Jika Anda menyeduh kopi dengan teko, Anda mungkin bertanya-tanya apakah sisa makanan dingin dapat digunakan untuk menyirami tanaman.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved