Breaking News:

Daun Tanaman Hias Menguning, Ini Penyebab dan Solusinya

Daun menguning pada tanaman hias dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Freepik/jcomp
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Daun menguning pada tanaman hias dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi. Terkadang penyebabnya jelas, yang berarti Anda dapat mendiagnosis dan memperbaikinya segera.

Namun demikian, kerap kali penyebab daun tanaman menguning tidak dapat diketahui dengan pasti. Dalam kasus ini, Anda harus mencoba mengubah satu hal pada satu waktu sampai ada perbaikan pada kondisi tanaman.

Bahkan setelah Anda menangani masalah, kemungkinan daun kuning masih akan rontok seiring waktu. Jangan khawatir, jika kesehatan tanaman pulih, mungkin daun baru akan muncul selama musim tanam berikutnya.

Dilansir dari The Spruce, Senin (30/8/2021), berikut beberapa penyebab daun tanaman hias menguning dan cara menanganinya.

1. Stres kelembaban
Kelebihan penyiraman (overwatering) atau kekurangan penyiraman (underwatering) adalah penyebab paling umum ketika daun tanaman menguning. Pada tanaman pot, sangat penting untuk hanya menyiram sebanyak yang dibutuhkan tanaman.

Jika Anda memiliki tanaman dengan daun kuning, periksa tanah di pot. Apakah tanah kering atau sangat basah?

Jika tanaman tidak menerima cukup air, tanaman merontokkan daun untuk mencegah transpirasi guna menghemat air.

Namun, sebelum rontok, daun biasanya akan menguning. Apabila tanahnya kering dan ini terjadi, pastikan untuk membuat tanaman memiliki jadwal penyiraman yang teratur.

Terlalu banyak air bisa merusak kondisi tanaman pula. Ketika tanah tidak mengalir dengan baik, kelebihan air membuat tanah tergenang air dan sistem akar benar-benar dapat tenggelam. Tanpa oksigen, akar tanaman akan mulai mati.

2. Penuaan
Seiring bertambahnya usia tanaman, daun bagian bawah akan menguning dan rontok. Ini hanyalah bagian normal dari pertumbuhan mereka.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved