Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tenaga Kesehatan Bangka Belitung Dapat Jatah 770 Vial Vaksin Moderna, Sudah 50 Persen Disalurkan

Dari total keseluruhan vaksin Moderna di Bangka Belitung, sebanyak 770 vial dikhususkan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Penulis: Riki Pratama | Editor: El Tjandring
Fred TANNEAU / AFP
Seorang petugas medis memegang botol vaksin Moderna Covid-19 di Quimper, Prancis barat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Hingga Minggu (29/8/2021) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyalurkan 2.088 vial vaksin Moderna.

Juru Bicara Vaksinasi Bangka Belitung dr Bangun Cahyo Utomo, mengatakan, dari total 6.160 vial vaksin Moderna, tersisa saat ini 4.072 vial.

Dari total keseluruhan vaksin Moderna di Bangka Belitung, sebanyak 770 vial dikhususkan untuk tenaga kesehatan (nakes). Sedangkan sisanya bisa menjadi dosis pertama dan kedua untuk masyarakat umum.

"Dari total 770 vial itu jatah untuk booster nakes. Booster nakes itu satu dosis pemberianya dan sisanya untuk masyarakat umum sebanyak dua dosis yaitu dosis satu dan dosis dua," jelas dr Bangun kepada Bangkapos.com, Senin (30/8/2021).

Dia menjelaskan, berdasarkan aturan dari Kementrian Kesehatan yang menerbitkan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor HK.02.01/1/1919/2021 tentang vaksinasi dosis ketiga diperuntukan untuk tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

"Karena nakes ini rentan terkena varian Covid-19 mereka melayani pasien, bertemu banyak orang, mereka tidak tahu ada yang tahu sedang Covid-19 atau tidak."

Baca juga: Jarang Berhubungan Intim Bisa Berbahaya, Bagaimana Kalau Dokter larang Hubungan Suami Istri 15 Tahun

Baca juga: Urutan Sholat Jenazah Mulai dari Niat hingga Bacaan Ayat Tiap Takbir

Baca juga: Jesselyn Lauwreen Tepati Janjinya pada Lord Adi Jadi Juara MasterChef Indonesia Season 8

"Karena berdasarkan data kematian nakes di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara dari dokter dan perawat," kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang itu.

Bangun menambahkan saat ini pemerintah Republik Indonesia terus berupaya untuk menambah dosis ketiga atau vaksin booster diberikan ke tenaga kesehatan sebagai upaya memperkuat sistem kesehatan.

"Pemerintah memberikan booster kepada nakes atau sumber daya tenaga kesehatan agar sistem kesehatan berjalan dengan baik."

"Kalau banyak yang terkena sistem kesehatan bermasalah dalam penanganan Covid-19, sehingga diberikan booster dengan harapan bisa menjaga ketahanan kesehatan nasional," terangnya.

Dia menegaskan hingga saat ini baru 50 persen tenaga kesehatan di Bangka Belitung telah mendapatkan suntikan ketiga vaksin Moderna.

"Sudah ada 50 persen yang sudah dilakukan vaksin dosis ketiga, dari jumlah target nakes 11 ribu, dan harusnya akhir Agustus untuk dosis ketiga sudah selesai."

"Tetapi baru 50 persen, mungkin teman-teman di faskes membuat skenario terkait penggunaan Moderna ini, karena ini vaksin baru, sehingga selesai vaksin baru berikutnya dua, tiga hari untuk yang lainya," jelasnya.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved