Breaking News:

bangka pos hari ini

Vaksin Moderna Ada Sebanyak 6.160 Vial, Perlindungan Tambahan Untuk Nakes di Bangka Belitung

pemerintah Republik Indonesia saat ini berupaya menambah vaksinasi dosis ketiga atau booster (penguat) bagi tenaga kesehatan

Editor: Agus Nuryadhyn
https://dinkes.acehprov.go.id/
Vaksin Moderna yang digunakan Indonesia untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Ada dua vaksin lain yang lebih dahulu digunakan Indonesia, yaitu vaksin Sinovac dan AstraZeneca. 

BANGKAPOS.COM - Vaksinasi dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes), asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: HK.02.01/1/1919/2021.

Demikian disampaikan Juru Bicara Vaksinasi di Bangka Belitung, dr Bangun Cahyo Utomo, Sabtu (28/8/2021).

"Kita jalankan sesuai instruksi dirjen itulah, untuk tenaga kesehatan. Bahwa vaksinasi dosis ketiga hanya diberikan kepada tenaga kesehatan," ujar Bangun.

Baca juga: Catatan Terakhir Istri Ali Syahbana

"Karena nakes ini rentan terkena varian Covid 19. Mereka melayani pasien, bertemu banyak orang, mereka tidak tahu ada yang sedang Covid 19 atau tidak. Karena berdasarkan data kematian nakes di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara, dari dokter dan perawat," tutur pria yang juga menjabat Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang tersebut.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah Republik Indonesia saat ini berupaya menambah vaksinasi dosis ketiga atau booster (penguat) bagi tenaga kesehatan sebagai upaya memperkuat sistem kesehatan.

"Pemerintah memberikan booster kepada nakes atau sumber daya tenaga kesehatan agar sistem kesehatan berjalan dengan baik. Kalau banyak yang terkena (Covid-19), sistem kesehatan bermasalah dalam penanganan Covid 19 sehingga diberikan booster dengan harapan bisa menjaga ketahanan kesehatan nasional," kata Bangun.

Berdasarkan data, Provinsi Bangka Belitung mendapatkan vaksin Moderna sebanyak 6.160 vial. Dari jumlah itu, sebanyak 1.746 vial sudah terpakai sehingga sisanya 4.414 vial.

Bangun berharap, ketersediaan vaksin Moderna tersebut cukup untuk penyuntikan terhadap 11 ribu tenaga kesehatan di Bangka Belitung sehingga bisa menambah kekebalan dan menghindari terinfeksi Covid 19.

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Covid 19 Kabupaten Bangka 91,97 Persen

Antrian Vaksinasi di Puskesmas Tamansari Ramai, Sehari Layani 200 Penyuntikan Vaksin Moderna dan Sinovac. Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Antrian Vaksinasi di Puskesmas Tamansari Ramai, Sehari Layani 200 Penyuntikan Vaksin Moderna dan Sinovac. Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

"Jumlahnya insyaallah cukup untuk semua nakes dengan vaksin Moderna yang saat ini karena setiap satu vial untuk 14 orang. Beda kalau Sinovac satu vial untuk 10 orang. Sementara itu jumlah nakes di Babel kurang lebih 11 ribuan, masih dapat semuanya," ujar Bangun.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved