Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Waspada! Sering Hujan di Babel, Ada Potensi Terjadi Genangan dan Angin Puting Beliung 

Belokan angin dan konvergensi ini terjadi meliputi di beberapa wilayah termasuk Bangka Belitung sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: khamelia
Bangka Pos/Agus Nuryadhyn
Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dua hingga tiga hari ke depan berpotensi hujan. Dimana saat ini masih merupakan puncak musim hujan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wilayah Bangka Belitung masih kerap diguyur hujan beberapa waktu terakhir ini.

Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprakirakan masih ada peluang hujan sedang hingga lebat di beberapa wilayah kabupaten di Bangka Belitung.

Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji mengatakan kondisi ini disebabkan oleh adanya belokan angin dan konvergensi.

"Belokan angin dan konvergensi ini terjadi meliputi di beberapa wilayah termasuk Bangka Belitung sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan di kita masih cukup tinggi," ujar Kurniaji saat dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (30/8/2021).

Lebih lanjut, dia menyebutkan karena potensi pembentukan awan konvektif tinggi, maka beberapa potensi kejadian cuaca ekstrim berupa hujan sedang-lebat, angin kencang atau puting beliung dan petir masih cukup tinggi terjadi.

"Bahkan ini terbukti dari kejadian angin kencang di wilayah Sungailiat tadi malam," katanya.

Tak hanya potensi angin kencang atau puting beliung, potensi terjadinya genangan diprediksikan bisa saja terjadi.

"Kalau potensi genangan selalu ada, walaupun kenyatannya dalam periode 3 minggu ke belakang sampai detik ini, ketika terjadi hujan di wilayah Babel, belum ada laporan yang kami terima dari 7 BPBD kabupaten atau kota terkait adanya banjir atau genangan di wilayah kita secara keseluruhan," Jelas Kurniaji.

Adapun prakiraan cuaca di Bangka Belitung yang berpotensi terjadi hujan dalam kurun waktu tiga hari ke depan meliputi :

1. Senin, 30 Agustus 2021, waspada potensi hujan sedang lebat disertai petir atau kilat atau angin kencang pada pagi, siang, sore, malam, atau dini hari di seluruh wilayah Kota dan Kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

2. Selasa, 31 Agustus 2021, waspada potensi hujan sedang - lebat disertai petir atau kilat atau angin kencang pada pagi, siang, sore, malam, atau dini hari di seluruh wilayah Kota dan Kabupaten Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

3. Rabu, 1 September 2021, waspada potensi hujan sedang lebat disertai petir atau kilat atau angin kencang pada pagi, siang, sore, atau dini hari di wilayah Kabupaten Belitung, dan Kab. Belitung Timur.

"Kami menghimbau kepada masyarakat pertama, sedia payung atau jas hujan jika akan bepergian. Kedua, hati-hati jika berkendara, karena jalanan akan bertambah licin (cek kembali kelayakan kondisi kendaraan anda).

Ketiga, hindari tempat-tempat terbuka (lapangan, sawah, laut, padang luas) apabila terjadi petir atau kilat. Empat, hindari tempat tinggi apabila terjadi petir atau kilat dan kelima, jangan berlindung di bawah pohon jika terjadi angin kencang dan petir," kata Kurniaji.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita.

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved