Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BLT UMKM Cair Lagi Khusus yang Belum Pernah Dapat, Begini Cara Cek dan Syarat Penerima

Tahun ini, Pemkot Pangkalpinang sudah mengusulkan sebanyak 3.657 pelaku usaha, dan tahun lalu 2020 sebanyak 9.559 pelaku usaha.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Sejumlah pelaku usaha yang mengantre di halaman Bank BRI Cabang Air Itam Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon menyebut, bantuan Program Bantuan Produktif Usaha Mikro ( BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai ( BLT) UMKM senilai Rp1,2 juta kembali dicairkan.

Kata Donal, untuk tahun ini pihaknya sudah mengusulkan sebanyak 3.657 pelaku usaha, dan tahun lalu 2020 sebanyak 9.559 pelaku usaha.

Namun menurutnya, tidak semua UMKM tahun ini menerima BLT senilai Rp1,2 juta itu. Hanya UMKM yang belum pernah mendapatkan sekalipun.

"Total dari tahun kemarin sampai dengan tahun ini ada 13.216 pelaku usaha yang kita usulkan untuk menerima bantuan itu. Untuk yang tahun ini mendapatkan artinya tahun lalu dia ( UMKM-red) belum mendapatkan sama sekali. Ada juga yang tahun kemarin dapat tahun ini dapat lagi tergantung pusatnya soalnya bukan kita yang mencairkan kita hanya mengusulkan," ungkap Donal kepada Bangkapos.com, Rabu (1/9/2021).

Donal mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus mengusulkan berdasarkan instruksi dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung.

"Kalau sampai saat ini kita masih terima sebelum diminta tutup, jadi sampai sekarang juga kita masih terus mengusulkan, yang datang tetap kami terima," sebutnya.

Sementara, yang sudah di SK kan tahun ini untuk mendapatkan BLT tersebut sebanyak 7.545 pelaku usaha.

"Jadi yang tahun ini diusulkan itu sama yang tahun kemarin, tapi yang di SK kan bakal mendapatkan itu 7.545 pelaku usaha dari yang semua kita usulkan itu untuk tahun ini saja," bebernya.

Berikut ini cara cek penerima Program Bantuan Produktif Usaha Mikro ( BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai ( BLT) UMKM.

Diketahui sebelumnya Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) akan kembali mencairkan BLT UMKM atau Bantuan Pemerintah bagi Pelaku Usaha Mikro ( BPUM). Peraturan mengenai penyaluran BPUM dalam PermenKopUKM No. 2 Tahun 2021 telah disahkan.

Pengecekannya bisa dilakukan melalui akses website resmi Bank BRI melalui link eform.bri.co.id.

1. Buka laman eform.bri.co.id/bpum.
2. Masukkan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kode verifikasi.
3. Klik "Proses Inquiry".
4. Setelah itu, akan muncul keterangan apakah nomor KTP tersebut terdaftar sebagai penerima BPUM atau tidak.

Jika bukan penerima BPUM maka akan muncul tulisan:

"Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM."

Halaman
123
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved