Breaking News:

Perlu Diperhatikan, Ini Tanda Tanaman Butuh Pot yang Lebih Besar

Pot tanaman pun harus diganti untuk memastikan pertumbuhan akar tanaman.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
SHUTTERTSTOCK/ANGIEYEOH
Tanaman hias fiddle leaf fig atau ketapang biola. 

BANGKAPOS.COM - Memiliki tanaman hias di pot bisa memberikan banyak manfaat. Selain sebagai elemen dekorasi rumah, tanaman hias juga memberi banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Pot tanaman hadir dalam berbagai bentuk dan bahan, mulai dari pot plastik hingga pot terakota.

Namun demikian, tanaman tidak bisa ditanam pada pot itu saja. Pot tanaman pun harus diganti untuk memastikan pertumbuhan akar tanaman. Namun demikian, kapan sebetulnya harus mengganti pot tanaman?

Ada beberapa tanda tanaman harus diganti potnya yang perlu diperhatikan.

"Perhatikan saja tanaman Anda. Jika Anda mengawasi tanaman Anda, mereka akan selalu memberi tahu Anda apa yang mereka butuhkan," kata Alfred Palomares, wakil presiden merchandising di 1-800-Flowers seperti dikutip dari Well and Good, Kamis (2/9/2021).

Berikut beberapa tanda pot tanaman harus diganti.

1. Akar tumbuh dari dasar pot tanaman
Jika tanaman berada dalam pot dengan lubang drainase, Anda mungkin memperhatikan bahwa akarnya tumbuh dari dasar pot.

"Jika sudah ada cukup lama, Anda ingin melihat apakah akar itu mulai tumbuh dari dasar pot. Itu akan menjadi tanda nomor satu bahwa sudah waktunya untuk dipindahkan karena mencari tanah dan nutrisi tambahan di sana," terang Palomares.

2. Bola akar terbentuk
"Sering kali jika Anda dapat dengan mudah mengambil tanaman dari pot itu dan Anda mulai melihat akarnya tumbuh seperti melingkar ke bawah, itu berarti mereka kehabisan ruang. Saat itulah Anda akan menemukan bola akar," jelas Palomares.

Ketika ini terjadi, katanya, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa tanah di dalam pot bergeser saat akar mulai mendorong tanaman ke atas dan keluar dari pot. Sebelum mengganti pot tanaman, Palomares mengatakan penting juga untuk memecah rumpun akar.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved