Breaking News:

Lawan Covid19

Kabar Baik Untuk Pelaku Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Beri Stimulus Dorong Penjualan UMKM

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyiapkan stimulus Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Editor: fitriadi
aptika.kominfo.go.id
Logo Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 menggerus penjualan produk usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) di Indonesia.

Penurunan penjualan produk UMKM ini sebagai dampak menurunnya daya beli masyarakat.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyiapkan stimulus Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Bantuan ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk UKMK dan IKM.

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selliane Halia Ishak menjelaskan, stimulus BBI merupakan program dukungan yang diberikan melalui pemberian insentif untuk belanja.

“Untuk pandemi ini sudah banyak yang dilakukan Kemenparekraf , terutama untuk sektor ekonomi kreatif,” ucap Selliane dalam diskusi secara virtual, Kamis (2/9/2021).

“Saat ini kami sedang diamanahkan untuk menyelenggarakan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Salah satunya dana stimulus Bangga Buatan Indonesia, kemudian satu lagi PEN untuk pelaku ekraf film,” sambungnya.

Baca juga: Jangan Lewatkan, Ini Daftar Bantuan yang Cair Bulan September 2021, Subsidi Gaji hingga BLT UMKM

Selliane melanjutkan, penerima stimulus BBI ini adalah merchant/pelaku UMKM yang ada di e-commerce dan tergabung dalam program Gerakan Nasional BBI, serta secara tidak langsung adalah pembeli atau konsumen akhir yang berbelanja.

Stimulus BBI diberikan kepada pelaku ekonomi kreatif subsektor Fesyen, Kuliner, dan Kriya dengan total anggaran senilai Rp 200 miliar.

Untuk saat ini, stimulus BBI dalam tahapan promosi program.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved