Breaking News:

Gubernur Erzaldi Paparkan Skema Pembiayaan untuk Pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman memaparkan skema pembiayaan atau permodalan bagi pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
Diskominfo Babel
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman memaparkan skema pembiayaan atau permodalan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif dalam Virtual Business Gathering OK OCE melalui Aplikasi Zoom, Sabtu (4/9/21). 

Kegiatan Virtual Bussines Gathering yang ikut dihadiri oleh  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ini merupakan agenda Direktorat Kerjasama OK OCE Indonesia.

Kegiatan hari ini merupakan puncak kegiatan yang telah diadakan tiap hari Sabtu dari bulan Agustus hingga September 2021 dengan konsep kurikulum 7 TOP OK OCE, untuk membantu pengembangan usaha para mitranya yang merupakan pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif. 

Dalam paparannya Gubernur Erzaldi menyampaikan bahwa sebagaimana diketahui, permodalan adalah salah satu hal yang sangat penting sekali untuk menunjang kegiatan usaha, khususnya bagi para pelaku UMKM dan gerakan ekonomi kreatif. Pelaku UMKM dapat mengakses permodalan baik dari lembaga bank maupun non bank. 

"Saat ini di Bangka Belitung, Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi salah satu skema permodalan yang mudah diakses oleh para pelaku ekonomi, selain lembaga bank ataupun perusahaan BUMN yang ikut membantu mengembangkan dan memudahkan akses permodalan bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif," jelasnya. 

Realisasi KUR di Bangka Belitung khusus untuk UMKM sampai dengan akhir Agustus ini dimanfaatkan oleh hampir 20.000 pelaku UMKM. Capaian ini merupakan komitmen dan semangat lembaga perbankan dan perusahaan dalam hal ini BUMN, yang membantu fasilitas akses permodalan. 

"Kami yakin dan percaya, kemitraan seperti ini terus dapat ditumbuhkembangkan kepada masyarakat kita, dan yang paling utama adalah bagaimana ketika akses permodalan ini sudah bisa sangat lancar diberikan kepada para pelaku usaha," ungkapnya. 

Selain itu menurut gubernur, yang harus diperhatikan adalah bagaimana upaya untuk mendampingi atau membina para pelaku UMKM agar dapat melaksanakan usahanya dengan baik. Dengan pendampingan terus- menerus akan memberikan semangat kepada para pelaku UMKM

Untuk mendukung hal tersebut, bersama pihak perbankan dan BUMN selain memberikan bantuan akses permodalan, pihaknya juga memberikan pendampingan dan pembinaan, termasuk memberikan bantuan akses pasar bagi produk-produk pelaku UMKM dan ekonomi kreatif. Seperti yang dilakukan Provinsi Babel salah satunya adalah memberikan bantuan pengemasan. 

Pengemasan menjadi modal yang tidak bisa diabaikan oleh para pelaku UMKM

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved