Breaking News:

Kisah Briptu Era Septiana, Polwan Polda Bangka Belitung Yang Bertugas di Sudan

Berani memulai dan menghadapi halangan, bekerja keras serta tekun berdoa siapa saja bisa meraih cita-cita, itulah yang dipegang Briptu Era Septiana.

Penulis: Magang1 | Editor: El Tjandring

BANGKAPOS.COM - Adat pasang berturun naik, itulah yang dialami Polisi Wanita (Polwan) asal Polda Kepulauan Bangka Belitung yang saat ini dipercaya untuk menjalani misi perdamaian dunia di bawah organisasi Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations (UN).

Kesuksesan adalah hak semua orang, bukan hanya monopoli dari kaum berada tanpa terkecuali. Tidak ada yang membatasi kesuksesan kecuali orang itu sendiri.

Berani untuk memulai dan menghadapi halangan, bekerja keras serta tekun berdoa siapa saja bisa meraih cita-cita, itulah yang dipegang oleh Briptu Era Septiana.

Siapa sangka, di balik paras cantik dan kulit putihnya ternyata dia memiliki kemampuan yang luar biasa sehingga dipercaya mengemban tugas perdamaian dunia untuk bergabung dalam Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara II Formed Police Unit (FPU) XII UNAMID yang ditugaskan di El Fasher, Sudan, Afrika Bagian Utara.

Gadis kelahiran Batam, 31 Agustus 1995 ini tak menyangka dirinya akan berkarir di dunia Polri, sebab menjadi Polwan bukanlah cita-citanya. Maklum dia bukan berasal dari keluarga kaya, Era hanyalah anak dari pasangan Adenan Hasan seorang buruh panggul harian di Jebus, Bangka Barat dan Inem S.

Sejak lulus Sekolah Menengah Atas 2013 silam, Era sebenarnya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Tetapi apalah daya, karena keterbatasan biaya anak ketiga dari empat bersaudara ini terpaksa harus mengubur dalam-dalam mimpinya untuk melanjutkan pendidikan.

Era pun disarankan orang tuanya untuk mengikuti seleksi Bintara Polri. Berkat doa orangtua, ternyata dia diterima dan lolos seleksi sehingga dilantik menjadi Bintara Polri 13 Desember 2013 di Sepolwan Ciputat, Tangerang, Banten.

Bermula dari itulah cita-citanya menjadi diplomat dapat terwujud, meskipun harus berkarir di Kepolisian.

Selama 8 tahun berkarir di Kepolisian, mengemban tugas untuk menjalankan misi perdamaian dunia menjadi kebanggaan tersendiri bagi gadis 26 tahun ini.

Bagaimana tidak, dari ribuan Polwan yang ada diseluruh Indonesia hanya 19 orang yang dipilih untuk menjalankan misi ini.

Beruntungnya Era Septiana terpilih menjadi Polwan satu-satunya dari Polda Bangka Belitung yang mendapatkan tugas ke Sudan untuk bergabung dengan Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara II Formed Police Unit (FPU) XII UNAMID.  (Bangkapos/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved