Breaking News:

bangka pos hari ini

Lulus SMA Pilih Masuk HI, Cita-cita Era Jadi Diplomatik Terwujud, Saat Berkarir di Kepolisian

Era terpilih menjadi polwan satu satunya dari Polda Babel yang mendapatkan tugas ke Sudan,Afrika Bagian Utara

Editor: Agus Nuryadhyn
Dok/Era Septiana
Briptu Era Septiana Polwan dari Polda Bangka Belitung yang menjalankan perdamaian dunia di bawah organisasi Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) di El Fasher, Sudan. 

BANGKAPOS.COM - Delapan tahun berkarir di Kepolisian Republik Indonesia (Polri), lalu mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan misi perdamaian dunia, tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Briptu Era Septiana.

Bagaimana tidak, dari ribuan polwan yang ada diseluruh Indonesia hanya 19 orang yang dipilih untuk menjalankan misi ini.

Era terpilih menjadi polwan satu satunya dari Polda Babel yang mendapatkan tugas ke Sudan,Afrika Bagian Utara, untuk bergabung dengan Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara II Formed Police Unit (FPU) XII UNAMID, sejak September 2020 hingga sekarang.

Gadis kelahiran Batam, 31 Agustus 1995 ini tak menyangka dirinya akan berkarir di dunia Polri, sebab menjadi polwan bukanlah cita citanya.

Maklum dia bukan berasal dari keluarga kaya, Era hanyalah anak dari pasangan Adenan Hasan seorang buruh panggul harian di Jebus, Bangka Barat dan ibunya Inem S hanya ibu rumah tangga.

"Kedua orang tua tinggal di Jebus, saya numpang lahir saja di Batam karena orangtua merantau. Bapak sendiri seorang buruh panggul harian sedangkan ibu seorang ibu rumah tangga biasa," kata dia sembari tertawa kepada Bangka Pos, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Jauh Sebelum Ditangkap KPK, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Berguling-guling dan Tiduran di Aspal

Sejak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) 2013 silam, Era sebenarnya ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Tetapi apalah daya, karena keterbatasan biaya anak ketiga dari empat bersaudara ini terpaksa harus mengubur dalam dalam mimpinya untuk melanjutkan pendidikan.

Era pun disarankan orang tuanya untuk mengikuti seleksi bintara Polri.

Berkat doa orangtua, ternyata dia diterima dan lolos seleksi sehingga dilantik menjadi bintara Polri 13 Desember 2013 di Sepolwan Ciputat, Tangerang, Banten.

Baca juga: Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Jadi Tersangka Korupsi, Kini Justru Banjir Dukungan

Briptu Era Septiana saat memakaikan masker kepada seorang anak kecil saat bakti sosial FPU XII Unamid, di Gulu, Sudan, Afrika Utara.
Briptu Era Septiana saat memakaikan masker kepada seorang anak kecil saat bakti sosial FPU XII Unamid, di Gulu, Sudan, Afrika Utara. (Dok/Era Septiana)

Bermula dari itulah cita citanya menjadi diplomat dapat terwujud, meskipun harus berkarir di Kepolisian.

"Cita cita sih nggak, karena saya ingin jadi diplomatik luar negeri, pas lulus SMA saya daftar hubungan internasional dan tidak disetujui orang tua, lalu disuruh masuk Polisi. Tetapi, saya bangga kerja di bidang ini, karena tidak semua orang bisa di Polri. Meskipun jalannya disuruh muter- muter dulu akan tetapi tujuannya sama," ucap gadis berhijab ini.

Alumni perguruan tinggi Pertiba Pangkalpinang ini mengatakan, dalam proses seleksi dari Polda Babel hanya lima orang, empat orang polisi laki laki dan satu polwan dirinya.

Untuk mencapai fase ini, kata Era, banyak sekali hal yang harus ia lalui. Sebelum menjalankan tugas ke Sudan dirinya pun harus menjalani pelatihan yang cukup berat.

Baca juga: Satlantas Polres Serdang Begadai Dirikan Warung Murah Untuk Warga, Netizen Terharu

Baca juga: Polwan Indonesia Anak Penjual Sayur Siaga 24 Jam Tugas di Sudan, Dicegat Pasukan Kuda Bersenjata

Halaman
12
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved