Breaking News:

Wajib Dipahami, Ini 6 Tanda Tanaman Akan Mati

Untuk mencermati kondisi pohon, Anda harus melihatnya dari pucuk pohon hingga ke bagian batang bawah di dekat akar.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Instagram/@plantastic_mr_fox
Tanaman hias fishbone cactus yang diprediksi bakal ngetren di tahun 2021. 

BANGKAPOS.COM - Beberapa makhluk hidup mengeluarkan tanda atau sinyal tertentu ketika tengah sekarat atau di ambang kematian.

Termasuk juga, tanaman. Lou Meyer, seorang arborist atau pakar merawat pohon dari The Davey Tree Expert Company, memaparkan bahwa ada tanda-tanda tertentu ketika tanaman sakit dan menjelang mati.

"Untuk mencermati kondisi pohon, Anda harus melihatnya dari pucuk pohon hingga ke bagian batang bawah di dekat akar," begitu ujar Mayer seperti dilansir dari Reader's Digest.

Ketika beberapa tanda sudah muncul, biasanya problema kesehatan tanaman sudah dialami jauh-jauh hari sebelumnya. Bisa hitungan minggu atau pun bulan.

Berikut ini adalah 6 tanda tanaman sakit parah dan kemungkinan sudah di ambang mati:

1. Mahkota pohon meranggas
Untuk mencermati kondisi tanaman, yang harus dilihat pertama kali adalah ranting-ranting teratasnya atau yang sering disebut mahkota pohon.

Jika di sana tak didapati dedaunan segar, bisa dipastikan ada permasalahan yang terjadi di bagian akar. Baik paparan jamur atau kondisi tanah yang kurang nutrisi.

2. Tumbuh jamur di batang pohon
Jika Anda melihat ada jamur tumbuh di batang-batang pohon, besar kemungkinan ada pembusukan di beberapa area di batang pohon tersebut.

Jamur ini bisa berwarna abu-abu, putih, orange juga merah. Agar pembusukan tak makin menyebar, batang yang berjamur bisa dihilangkan dengan cara memotongnya.

3. Kulit batang pecah-pecah
Tanaman yang tak sehat juga biasanya memiliki batang utama yang berkulit pecah-pecah. Dan di bawah pecahan kulit ini, terdapar jamur yang berwarna putih kebiruan atau putih keperakan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved