Breaking News:

Wajib Diperhatikan, Ini Aturan Pemberian Pupuk ke Tanaman

Sebaiknya mengetahui pedoman dasar pemupukan tanaman hias untuk mencegah pemupukan secara berlebihan yang dapat merugikan.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Freepik/jcomp
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Saat tumbuh, tanaman membutuhkan pupuk untuk membantu mempertahankan kesehatan dan kekuatan secara keseluruhan. Namun, perlu diketahui, setiap tanaman memiliki kebutuhan berbeda-beda.

Melansir dari Gardening Know How, Jumat (3/9/2021), tidak ada aturan umum untuk pemupukan, tetapi sebaiknya mengetahui pedoman dasar pemupukan tanaman hias untuk mencegah pemupukan secara berlebihan yang dapat merugikan.

1. Pemupukan berlebih
Terlalu banyak pupuk dapat merusak tanaman hias karena dapat menurunkan pertumbuhan tanaman serta membuat tanaman menjadi lemah dan rentan terhadap hama juga penyakit.

Bahkan, ini dapat menyebabkan tanaman mati. Selain itu, tanda-tanda pemupukan berlebihan dapat dilihat dari pertumbuhan tanaman yang kerdil, tepi daun terbakar atau kering, tanaman layu, serta daun menguning.

Penumpukan garam di atas tanah juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak pupuk sehingga tanaman sulit menyerap air.

Untuk mengurangi pemupukan berlebihan dan penumpukan garam berlebih, cukup letakkan tanaman di bak cuci atau lokasi lain yang sesuai dan bilas dengan air.

Ulangi cara ini sesuai dengan kebutuhan sekitar tiga hingga empat kali. Pemupukan yang diberikan hanya selama periode pertumbuhan aktif dan pemotongan dosis akan memudahkan untuk menghindari penggunaan terlalu banyak pupuk pada tanaman hias.

2. Persyaratan pupuk dasar
Sebagian besar tanaman hias mendapat manfaat dari pemupukan teratur selama pertumbuhan aktif. Sementara itu, pupuk tersedia dalam beberapa jenis seperti granular, cair, tablet, dan kristal serta kombinasi (20-20-20, 10-5-10, dll).

Semua tanaman hias membutuhkan pupuk yang mengandung nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Menggunakan pupuk tanaman hias dalam bentuk cair biasanya membuat tugas ini lebih mudah saat menyiram tanaman.

Namun, untuk mencegah pemupukan berlebihan, biasanya lebih baik memotong dosis yang dianjurkan pada label.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved