Breaking News:

Bisa Subur dan Berdaun Lebat, Ini Rekomendasi Pupuk untuk Aglonema

Aglonema membutuhkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Pupuk yang diperlukan tanaman berupa unsur makro dan mikro.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Istimewa
Aglonema Red Kochin 

BANGKAPOS.COM - Aglonema adalah salah satu tanaman hias populer yang banyak dikoleksi di rumah. Tanaman hias ini digemari karena bentuk dan corak daunnya yang beraneka warna dan cantik.

Sama seperti tanaman lainnya, aglonema membutuhkan pupuk agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Pupuk yang diperlukan tanaman berupa unsur makro dan mikro.

Unsur makro diperlukan dalam jumlah besar, sedangkan unsur mikro jumlahnya relatif sedikit. Unsur makro yang mutlak diperlukan adalah N (nitrogen), P (fosfor), dan K (kalium).

Secara umum, unsur N berfungsi untuk pembentukan protein yang dibutuhkan sel-sel tanaman untuk pertumbuhan.

Unsur P digunakan untuk pembentukan inti sel dan pembelahan sel, pembentukan lemak, merangsang pembungaan, serta pembentukan biji dan ketahanan terhadap penyakit.

Unsur K diperlukan tanaman untuk memperlancar proses kerja tanaman, menguatkan jaringan, daun, bunga dan buah agar tidak mudah gugur.

Adapun aglonema termasuk tanaman hias daun, sehingga perlu unsur N lebih tinggi dari unsur lainnya.

Dilansir dari laman resmi Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (6/9/2021), berikut beberapa rekomendasi pupuk aglonema untuk mendorong pertumbuhan yang subur dan daunnya lebat.

1. Pupuk kandang
Pupuk kandang dapat dibuat dari kotoran hewan yang telah menjadi kompos. Adapun pupuk dari kotoran kelelawar (guano) memiliki kandungan N, P dan K lebih tinggi dibanding pupuk kandang lainnya.

2. Humus
Humus berasal dari sisa-sisa tumbuhan berupa daun, batang, maupun akar yang membusuk atau melapuk secara alami oleh mikroorganisme. Humus yang baik berwarna hitam, berfungsi untuk menggemburkan media tanam.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved