Breaking News:

Sempat Terkendala Validasi Vaksin, Pemuda Pangkalpinang Ini Terendus Polisi Bawa Ganja Masuk Babel

Seorang pemuda Pangkalpinang berinisial GM (26), diamankan Tim Diresnarkoba Polda Babel pada Minggu (5/9/2021) dini hari.

Editor: ibnu Taufik juwariyanto
Sempat Terkendala Validasi Vaksin, Pemuda Pangkalpinang Ini Terendus Polisi Bawa Ganja Masuk Babel
shutterstock
Ilustrasi : Daun ganja.

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Seorang pemuda Pangkalpinang berinisial GM (26), diamankan Tim Diresnarkoba Polda Babel pada Minggu (5/9/2021) dini hari.

Dari tangan GM, polisi mengamankan narkoba jenis ganja seberat 30 kilogram saat yang bersangkutan sampai ke Pelabuhan Tanjung Kaliyan Muntok.

Dilansir dari laman babel.polri.go.id, GM sebenarnya sudah akan menyeberang ke Pulau Bangka pada 1 September lalu, namun rencananya harus tertunda lantaran ia terkendala validasi vaksin di Tanjung Siapi api.

Baca juga: PPKM Kembali Diperpanjang, Ini Alasannya Menurut Satgas Covid-19

Baca juga: Heboh Video Gisel Cuma 13 Detik, Ditonton 20 Juta Kali, Gisel: Masih Bisa Ternyata

GM menyeberang ke Tanjung Kaliyan pada hari Sabtu (4/9/2021) memakai kapal terakhir, berangkat dari Tanjung Siapi api pada pukul 20.30 WIB dan sampai di Tanjung Kaliyan Muntok pada 00.15 WIB.

Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi mengatakan, penangkapan terhadap GM ini dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Ahmad Yanuari Ihsan.

Maladi menjelaskan, penangkapan tersebut bermula dari masuknya informasi dari masyarakat tentang rencana masuknya narkoba jenis ganja ke Bangka Belitung melalui Tanjung Kaliyan, Muntok.

Dari informasi tersebut, petugas segera mengecek kebenaran termasuk mengecek data manifes di Pelabuhan Tanjung Kalian.

“Dan benar, terdapat nama pelaku saat melakukan melakukan penyebrangan ke Pelabuhan Tanjung Siapi api menggunakan mobil dengan pelat nomor BN 1735 PR.” kata Maladi.

Baca juga: Ini Alasan PPKM Bakal Diperpanjang Lagi Walau Kasus Covid-19 Mulai Melandai

Baca juga: Besok 6 September 2021 Berakhir, Satgas Covid-19 Ungkap Alasan PPKM Diperpanjang Lagi

Setelah memperoleh informasi tersebut, Tim memantau pergerakan pelaku dan diketahui ada rencana kembali ke Bangka pada Rabu (1/9/2021) meskipun gagal menyeberang karena validasi vaksin di pelabuhan.

Pergerakan tersangka terus dipantau dan akhirnya diketahui berhasil menyeberang pada Sabtu (4/9/2021) malam dan akhirnya ditangkap di Tanjung Kaliyan, Minggu (5/9/2021) dini hari.

“Pada saat pelaku tiba di Pelabuhan Tanjung Kalian, petugas kita segera mengamankan pelaku berikut kendaraan dan dibawa ke Polsek Mentok untuk dilakukan penggeledahan disaksikan Ketua RT setempat dan Satpam Tanjung Kalian,” jelas Maladi.

Dalam penggeledahan tersebut, petugas menemukan barang bukti berupa narkotika jenis ganja yang dibungkus plastik dilakban coklat sebanyak 35 (tiga puluh lima) bungkus dan barang bukti lainnya.

Selanjutnya pelaku beserta barang bukti dibawa ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung untuk proses lebih lanjut.

“Adapun barang bukti yang diamankan 35 (tiga puluh lima) bungkus plastik warna coklat yang berisikan ganja seberat kurang lebih 30 Kilogram, satu unit semarthphone Xiomi warna putih hitam, satu lembar buku tabungan dan satu unit Mobil Inova Warna hitam BN 1735 PR,” kata Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Maladi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved