Breaking News:

Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Ponpes Nurul Falah

Karir merupakan pilihan kehidupan setiap individu dalam mempertimbangkan segala potensi, minat/bakat, kecerdasan maupun harapan yang akan dicapai.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: El Tjandring
IAIN SAS Bangka Belitung
Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Babel saat melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu, Selasa (7/9). 

BANGKAPOS.COM - Karir merupakan pilihan kehidupan setiap individu dalam mempertimbangkan segala potensi, minat/bakat, kecerdasan maupun harapan yang akan dicapai. Dalam situasi saat ini era digitalisasi menjadikan perkembangan pendidikan cenderung mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Misalkan saja terkait kegunaan artificial intelegent kini banyak cukup membantu dan lompatan terkait pendidikan, belum lagi saat ini pemilihan karir peserta didik dalam memilih jurusan perkuliahan kemanakah akan berlabuh dan memilih karir.

Pilihan karir dimulai dengan mencari informasi dan mempertimbangkan sebagai karir alternatif yang ada pada saat sebelum memilih jurusan kuliah. Minat dan bakat pun menjadi kompenen utama dalam pemilihan karir.

Atas dasar ini lah Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN SAS Bangka Belitung, bekerja sama dengan salah satu stakeholder yaitu Pegadaian Kota Pangkalpinang, melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema "Pemetaan Minat Bakat Siswa-Siswi Ponpes Nurul Falah". 

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) juga sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, Bertempat di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, Selasa (7/9).

Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa dan siswi MA di Pondok Pesantren Nurul Falah. Adapun kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh dosen dan beberapa mahasiswa Prodi Psikologi Islam. Materi tentang minat, bakat, dan karir disampaikan oleh Wahyu Kurniawan M.Psi, Psikolog, yang juga merupakan dosen Prodi Psikologi Islam.

Selain itu, diberikan juga tes minat untuk melihat potensi minat siswa-siswi kelas XII di Pesantren Nurul Falah. Dengan dilaksanakannya kegiatan PKM ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk para peserta atas materi yang telah disampaikan.

Harapannya, peserta kegiatan dapat memahami orientasi karir dengan melihat minat dan bakat, mempertimbangkan peluang, kemampuan pembiayaan dan lain-lain, sehingga peserta didik lebih memahami bahwa jurusan kuliah tidak hanya sekedar kuliah saja.

Di hadiri Oleh Kaprodi Psikologi Islam Yandi Hafizzalah MA, dan Dosen Psikologi Islam Primalita Putri Destina M.Psi, Psikolog, Citra Fragihini M.Psi, Psikolog, Zulkarnain MA dan Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Falah .

Penulis : Ayaknan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved