Breaking News:

Wajib Dipahami, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Aglonema Mengecil

Daun aglonema jadi mengecil merupakan sebuah permasalahan yang bisa terjadi pada tanaman aglonema mana pun.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Istimewa
Aglonema Red Kochin 

BANGKAPOS.COM - Daun aglonema jadi mengecil merupakan sebuah permasalahan yang bisa terjadi pada tanaman aglonema mana pun.

Daun aglonema mengecil jangan dianggap sepele, karena bisa berakibat fatal untuk aglonema itu sendiri.

Jika tidak segera diatasi atau diobati, daun aglonema yang mengecil lama-kelamaan akan membuat tanaman aglonema menjadi kerdil hingga mati.

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Selasa (7/9/2021), berikut ini adalah penyebab daun aglonema mengecil dan cara mengatasinya.

1. Media tanam sudah kurang nutrisi
Daun aglonema yang mengecil bisa disebabkan oleh media tanamnya yang sudah kurang nutrisi. Untuk hal satu ini, kamu harus menambahkan nutrisi ke dalam media tanam aglonema dengan dua cara.

Cara pertama yaitu dengan membongkar media tanam kemudian menggantinya dengan media tanam yang baru.

Namun, jika kamu tidak ingin repot atau takut dengan risikonya nanti, maka lakukan cara kedua, yaitu cukup menambahkan media tanam baru ke bagian atas media tanam lama.

Meski demikian, tambahan media tanam baru hanya menggunakan campuran 1 bagian sekam padi dan 1 bagian pupuk kandang atau kotoran hewan yang sudah didiamkan lama.

Taburkan media tanam baru dari sekam padi dan pupuk kandang ke bagian atas media tanam aglonema yang sudah lama. Dengan melakukan dua cara tersebut, maka media tanam aglonema akan kembali ternutrisi.

2. Aglonema stres
Aglonema yang stres bisa menyebabkan daunnya mengecil. Stres pada aglonema bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya terlalu lama terpapar sinar matahari.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved