Breaking News:

Berita Bangka Barat

Antisipasi Kebakaran, Rutan Muntok dan Polres Bangka Barat Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

Lembaga pemasyarakatan (lapas) di sejumlah daerah melakukan pengecekan instalasi listrik. Tak terkecuali di Rumah Tahan (Rutan) Kelas II B Muntok

Penulis: Yuranda | Editor: khamelia
(Bangkapos.com/Yuranda)
Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto dan anggota BPBD Kabupaten Bangka Barat, memegang monitor simulasi pemadam kebakaran di Rutan, Kelas II B, Muntok, Bangka Barat, Kamis (9/9/2021) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lembaga pemasyarakatan (lapas) di sejumlah daerah melakukan pengecekan instalasi listrik. Tak terkecuali di Rumah Tahan (Rutan) Kelas II B Muntok, Bangka Barat, Kamis (9/9/2021).

Hal itu dilakukan usai insiden kebakaran lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021) yang diduga karena hubungan arus pendek.

Selain memeriksa instalasi listrik, pihak Rutan, bersama Polres Bangka Barat dan BPBD Kabupaten Bangka Barat menggelar simulasi pemadam kebakaran.

Baca juga: Jauh Sebelum Dituduh Selingkuh, Ibunda Nur Khamid Pernah Bocorkan Kelakuan Polly Alexandrea

Baca juga: Kepri Bereaksi Atas Pernyataan Gubernur Babel Tak Mau Berbagi Wilayah, Jais: Harga Mati Masuk Kami

Kepala Rutan Kelas II B Muntok, Bangka Barat, Abdul Rasyid Meliala mengatakan ini dilakukan mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Ia juga mengatakan petugas yang berjaga di sini akan diberikan pelatihan dan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

"Dari kami akan berkoordinasi dengan pihak pemadam kebakaran, guna mencegah kebakaran dan adanya koordinasi kerjasama, serta pelatihan kepada petugas kami dalam mengatasi kebakaran," kata Abdul Rasyid Meliala, Kamis (9/9/2021).

Rasyid menyebutkan di Rutan Muntok ini hanya memiliki satu jalur evakuasi, apabila terjadi kebakaran. Para penghuni hanya melalui satu pintu utama, karena ini merupakan bangunan lama.

"Kami juga melakukan perawatan di sini, seperti pemeriksaan kelistrikan dan lainnya, itu dilakukan dua kali seminggu," ucapnya.

Baca juga: Tiba-tiba Yosef Merasa Kelelahan Setelah 7 Kali Bolak-balik Jalani Pemeriksaan Kasus Subang

Sementara itu, Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto mengatakan guna mengantisipasi itu, pihaknya bersama dengan Rutan Muntok menggelar simulasi pemadam kebakaran.

"Bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP), nanti mobil datang, mana titik apinya kemudian bagaimana evakuasi penyelamatannya para tahanan," kata AKBP Agus Siswanto.

Kata Agus, simulasi pemadam kebakaran ini harus dilakukan, bukan berharap terjadinya kebakaran di sini. Namun bagaimana pihak lapas dan kepolisian dalam hal ini harus siap.

Menurut Kapolres, pada prinsipnya menyelamatkan nyawa manusia adalah hal yang paling utama, dengan hal itu pihaknya akan terus berkoordinasi dan melaksanakan latihan kembali.

"SOPnya sudah ada. Kemudian bagaimana kita berkoordinasi antara lain, seperti pihak lapas, kepolisian dan pemadam kebakaran," ucapnya.

Untuk kedepannya, katanya, akan melakukan pelatihan bersama. Kalau ada kejadian kebakaran bisa langsung ditindaklanjuti ke tempat kejadian perkara (TKP) dengan cepat.

Bangkapos.com/Yuranda

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved