Breaking News:

Berita Sungailiat

Kemenkumham Babel Tak Ingin Lapas Bukit Semut Sungailiat Alami Musibah Seperti Lapas Tangerang

Agus Irianto berharap tidak ada kejadian serupa yang menimpa lapas-lapas lainnya terutama yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: El Tjandring
(IST/Lapas Sungailiat)
Peninjauan Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat oleh Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel dan jajarannya, Kamis (9/9/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel meninjau Lapas Bukit Semut Sungailiat untuk mengantisipasi kejadian kebakaran seperti yang menimpa Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021) kemarin.

Hari ini, Kamis (9/9/2021) Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Irianto melakukan peninjauan pelaksanaan penguatan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Kegiatan ini dilakukan di sejumlah lapas yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk di Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat.

"Jadi peninjauan ini dilakukan dalam rangka menanggapi musibah kebakaran blok hunian pada Lapas Kelas I Tangerang kemarin," kata Agus.

Ia pun berharap tidak ada kejadian serupa yang menimpa lapas-lapas lainnya terutama yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Terbaru untuk Lion Air September 2021

Baca juga: Diduga Karena Masalah Asmara, Pensiunan Perwira Polisi Meregang Nyawa Ditangan Tetangganya

Baca juga: Pertama di Sumatera, Davin Store Hadir di Pangkalpinang, Jual Aksesoris Apple Terlengkap

Baca juga: Warga Mapur Cium Aroma Menyengat dari Pondok Kebun, Ternyata di Dalamnya Ada Mayat

"Pada kesempatan ini saya perintahkan kepada seluruh kepala lapas untuk melakukan pemeriksaan, penertiban dan uji kelayakan instalasi jaringan listrik pada bangunan kantor, fasilitas layanan dan bangunan blok hunian," ujarnya.

Selain itu, para pengurus lapas juga harus senantiasa berkoordinasi berkoordinasi dengan PLN serta ahli perbaikan listrik untuk menghindari korsleting ataupun hubungan pendek arus listrik.

Tak lupa ia juga mengimbau untuk terus meningkatkan deteksi dini terhadap warga binaan dan lingkungan sekitar yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban.

"Lakukan penggeledahan baik rutin maupun insidentil serta inspeksi terhadap pelaksaan tugas pengamanan dan kontrol blok/kamar hunian.

jangan lupa juga cantumkan nomor telepon penting/darurat pada pos penjagaan/ruang kantor masing-masing," pesannya.

Sementara itu, Humas Lapas Kelas II B Bukit Semut Sungailiat, Ari mengatakan bahwa pihaknya akan selalu berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

"Kami akan terus meningkatkan koordinasi dengan APH terkait serta meningkatkan kebersihan lingkungan kantor dan selalu melaksanakan protokol kesehatan yang ketat," imbuhnya.

(Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved