Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Potensi Ikan Melimpah, Dinas Perikanan Bangka Tengah Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Dinas Perikanan Bangka Tengah bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Bangka Tengah (Bateng) menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten.

Penulis: Sela Agustika | Editor: El Tjandring
(Bangkapos.com/Sela Agustika)
Wabup Bangka Tengah, Herry Erfian bersama Dinas Perikanan dan TP PKK Bangka Tengah saat melihat hasil olahan makanan serba ikan, di halaman Gedung Serbaguna Balai Benih Ikan Bangka Tengah Kamis, (9/9/2021). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Perikanan Bangka Tengah bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Bangka Tengah (Bateng) menggelar lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten.

Lomba yang dilaksanakan di halaman Gedung Serbaguna Balai Benih Ikan Bangka Tengah, Kamis (9/9/2021) ini sekaligus bazar produk perikanan.

Pelaksanaan kegiatan pengolahan makanan berbahan dasar ikan ini dilakukan melihat produksi perikanan di Bangka Tengah yang tinggi, bahkan menjadi central budidaya perikanan, tepatnya di Desa Pinang Sebatang.

"Untuk produksi ikan kita memang Bangka Tengah tertinggi di Bangka Belitung yang mana dalam jumlah ton dan untuk pemasaran juga biak, dimana para pembudidaya ini memang sudah ada pasarannya," ungkap Kepala Dinas Perikanan, Taufik.

Sementara itu perlombaan pengolahan makanan berbahan dasar ikan ini menjadi program tahunan yang rutin diselengarakan oleh tim PKK Bangka Tengah bersama dengan Dinas Perikanan sebagai upaya meningkatkan inovasi masyatakat dalam pengolahan ikan.

Baca juga: Jauh Sebelum Dituduh Selingkuh, Ibunda Nur Khamid Pernah Bocorkan Kelakuan Polly Alexandrea

Baca juga: Tiba-tiba Yosef Merasa Kelelahan Setelah 7 Kali Bolak-balik Jalani Pemeriksaan Kasus Subang

Baca juga: Warga Mapur Cium Aroma Menyengat dari Pondok Kebun, Ternyata di Dalamnya Ada Mayat

"Alhamdulilah, jadi hari ini kita melakukan perlombaan dalam membuat inovasi makanan dengan bahan utama yaitu ikan, ini merupakan upaya memberikan motivasi kepada masyarakat, karena daerah Bateng adalah daerah pesisir yang banyak menghasilkan ikan," ujar Wakil Bupati Bateng, Herry Erfian Kepada Bangkapos.com, Kamis (9/9/2021).

Kata Erfian, potensi ikan di Bangka Tengah yang sangat besar dan dengan adanya inovasi dalam pengolahan ikan dapat meningkatkan semangat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan.

"Nah dengan inovasi berbagai pengolahan ikan ini kita berharap semoga masyarakat Bateng semakin gemar mengkonsumsi Ikan. Dan tentunya kegiatan ini rutin kita lakukan setiap tahun untuk bersama-sama mengajak masyatakat mengkonsumsi ikan," ungkap Erfian.

Erfian menuturkan, potensi ikan laut maupun ikan sungai sama-sama memiliki kandungan gizi yang tinggi, untuk itu bagi masyarakat yang masih enggan mengkonsumsi ikan sungai, pihaknya pun telah melakukan berbagai macam sosialisasi.

"Alhamdulilah, Pemda Bateng saat ini melalui Dinas Perikanan sudah melakukan sosialisasi bagaimana meningkatkan produksi ikan air darat, seperti program ikan nila salin yang juga telah berhasil dilaksanakan. InsyaAllah pelan-pelan akan mulai berubah, karena ikan air darat juga memiliki nilai gizi yang tinggi," tambahnya.

Erfian berharap kegiatan yang dilaksanakan ini mampu mendorong masyarakat Bangka Tengah akan pentingnya menkonsumsi ikan.

"Inovasi masakannya sangat kreatif dan enak dan semoga dengan kegiatan ini dapat lebih mendorong masyarakat untuk sadar akan pentingnya menkonsumsi ikan, selain dapat meningkatkan tingkat konsumsi ikan juga mendukung kedaulatan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan," harapnya.

Diketahui, pada lomba masak serba ikan tersebut diikuti oleh enam Kecamatan di Bangka Tengah, yaitu Kecamatan Koba, Pangkalanbaru, Simpang Katis, Lubuk, Sungai Selan dan Namang.

Bangkapos.com/Sela Agustika

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved