Breaking News:

bangka pos hari ini

19 Ibu Hamil Meninggal Terpapar Covid-19, POGI Babel Minta Percepat Vaksinasi

ada 19 ibu hamil yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19 sepanjang tahun 2021 ini.

Editor: Agus Nuryadhyn
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Penyuntikan vaksinasi Covid-19 pertama di Bangka Belitung mulai digelar hari ini bersamaan dengan 10 Kota besar lainnya di Indonesia dilaksanakan secara serentak, di Centra Vaksinasi RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang, Kamis (19/8/2021)(ilustrasi) 

BANGKAPOS.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sudah ada 19 ibu hamil yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19 sepanjang tahun 2021 ini.

Jumlah ini sekitar 52,78 persen dari angka total 36 ibu hamil di Babel, yang meninggal dunia karena disebabkan berbagai faktor di tahun ini.

Jumlah ini pun terdata meningkat dibandingkan sepanjang tahun 2020, yang berjumlah 26 orang.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Babel, dr Hastuti membenarkan jika hampir setengah kasus kematian ibu saat ini disebabkan oleh virus corona.

"Kasus kematian ibu biasanya dikarenakan pendarahan, tetapi saat ini dari data salah satunya banyak disebabkan oleh virus. Pada kondisi orang bukan ibu hamil, biasanya karena ada komorbid, sama juga dengan kasus ibu hamil ini, ada komorbid, ada Covid 19, sehingga berisiko tinggi," ujar Hastuti, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Terbang ke Babel Bisa Pakai Negatif Antigen, Harga Tiket Sriwijaya Mulai dari Rp391 Ribu

Diakuinya, pada kehamilan ada kondisi terjadinya hipertensi. Lalu bila ditambah paparan Covid 19, maka akan memberatkan kondisi ibu hamil tersebut.

"Ini tentu menjadi perhatian kita, sehingga juga sekarang digencarkan vaksinasi ibu hamil," tegasnya.
Vaksinasi

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Babel, dr Muhammad Brizain mengakui vaksinasi untuk ibu hamil ini sangat penting.

"Sebagian besar yang positif Covid 19 ibu hamil ini belum divaksinasi, memang dulu belum ada data yang menyebutkan vaksinasi itu aman untuk ibu hamil dan janin. Sekarang sudah ada penelitian yang menyebutkan aman," kata Brizain.

Baca juga: ISO Tank Bantuan Kapolri, Tiba di Pelabuhan Pangkalbalam

Diakuinya, di tahun-tahun sebelum adanya Covid-19, rata-rata ada delapan ibu hamil yang meninggal dunia per tahun.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved