Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Baru 6.780 Nakes di Babel Disuntik Booster Moderna, Prioritas Bagian Pelayanan

Dinas Kesehatan Bangka Belitung mencatat sudah 6.780 tenaga kesehatan (61,09 persen) disuntik vaksin ketiga atau booster menggunakan vaksin Moderna.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: El Tjandring
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Vaksin Moderna 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sudah 6.780 tenaga kesehatan (61,09 persen) disuntik vaksin ketiga atau booster menggunakan vaksin moderna hingga tanggal 9 September 2021.

Adapun sebaran di kabupaten Bangka sebanyak 2.017 orang, Belitung 998 orang, Bangka Barat 681 orang, Bangka Tengah 699 orang, Bangka Selatan 575 orang, Belitung Timur 895 orang dan kota Pangkalpinang 915 orang.

"Dari program pemerintah itu, yang pertama nakes di pelayanan, tentu setelah itu, nanti beralih ke tenaga kesehatan yang di dinas dan klinik," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Azwani saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (10/9/2021).

Diingatkannya, penyuntikan vaksinasi ini dilakukan di masing-maisng wilayah nakes bertugas.

"Targetnya secepat mungkin, tetapi kondisinya tidak bisa besar karena nakes kita masih ada yang terkonfirmasi, berstatus penyitas maka 3 bulan baru bisa suntik lagi," katanya.

Dia tak memungkiri, usai disuntik vaksin moderna memang terjadi Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

"Memang banyak yang bilang ada KIPI, pegel, badan agak kurang enak, ngantuk, tapi sejauh ini aman, tinggal laporkan saja nanti, biasanya tinggal minum obat," katanya.

Hal serupa juga dirasakan, Petugas sekaligus perawat PSC 119, Ani Perawati usai disuntik vaksin moderna.

"Kalau yang suntik pertama cuma mual, kalau yang booster ini pusing, mual, nyerik dibagian suntik tapi beda-beda setiap orang," ujar Ani.

Namun, untuk mengatasi hal itu dirinya segera mengkonsumsi paracetamol untuk membuat kondisi membaik.

"Harapannya semoga para nakes dan tim medis lainnya tidak terpapar Covid-19 lagi dan semoga membantu para nakes dalam memberikan pelayanan," katanya.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved