Breaking News:

Cara Menanam Bonggol Aglonema di Toples, Mudah dan Higienis

Jika kamu tak memiliki banyak lahan atau pot untuk memperbanyak tanaman aglonema, gunakan saja toples plastik.

Editor: Ajie Gusti Prabowo
Istimewa
Aglonema Red Kochin 

BANGKAPOS.COM - Jika kamu tak memiliki banyak lahan atau pot untuk memperbanyak tanaman aglonema, gunakan saja toples plastik.

Ya, selain digunakan sebagai wadah penyimpanan makanan, toples plastik juga bisa dijadikan media tanam yang higienis bahkan membuat pertumbuhan tanaman aglonema jadi lebih baik.

Melansir dari kanal Youtube Rimawan Vlog pada Jumat (10/9/2021) berikut ini cara menanam bonggol aglonema menggunakan toples.

1. Siapkan bonggol aglonema
Siapkan bonggol aglonema yang akan ditanam, lalu hilangkan kulit-kulit htam di sekitar bonggol agar tunas aglonema yang baru tumbuh bisa subur.

Potong sekitar 2cm dan pastikan tidak mengenai mata tunas. Kemudian diamkan beberapa saat.

2. Teteskan betadine
Selanjutnya, teteskan betadine atau obat penutup luka dan antiseptik ke bagian ujung atas dan bawah bonggol yang sudah dipotong.

3. Siapkan media tanam
Gunakan media tanam berupa campuran dari tujuh bahan lalu fermentasi dengan EM4 bakteri baik. Setelah difermentasi selama 1 bulan, media tanam bisa digunakan. Masukkan media tanam ke dalam pot ukuran sedang.

Lalu siapkan B1 dan antracol yang sudah dilarutkan ke dalam ari. Takarannya mengikuti petunjuk penggunaan yang ada di bungkus produk.

4. Larutkan antracol dan B1
Selanjutnya, siram larutan antracol dan B1 ke media tanah yang sudah disiapkan hingga media tanam benar-benar basah.

Hal ini dilakukan untuk mensterilisasi media tanam agar ketika dimasukkan ke dalam toples tidak berbakteri, higienis, dan tanaman lebih sehat.

5. Siapkan toples
Siapkan toples ukuran besar berbentuk kotak terbuat dari plastik. Taburkan media tanam yang sudah dicampur dengan antracol dengan B1 kemudian letakkan bonggol aglonema di atasnya dalam posisi tertidur dan pastikan agar bonggolnya sedikit tertutup media tanam.

Lalu taburi irisan bawang merah. untuk merangsang pertumbuhan dan anti jamur. Tutup toples hingga rapat. Biasanya tunas dari bonggol itu akan mulai tumbuh setelah 2 minggu.

Jika sudah satu bulan dan tunas memiliki minimal 3 lembar daun, maka sebaiknya dipindah ke media tanam pot.

Cek secara rutin apakah tanaman berbau busuk di dalam toples? Jika ya, buang irisan bawang merah, lalu ganti dengan irisan yang baru. (kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mudah dan Higienis, Ini Cara Menanam Bonggol Aglonema di Toples"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved