Breaking News:

bangka pos hari ini

Erzaldi Ingin Babel Jadi Pengekspor Udang Vaname, 29 Tambak Udang Dapat Persetujuan Kesesuaian

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan Pemprov Babel serius dalam memanfaatkan potensi budidaya benur udang vaname.

Editor: Agus Nuryadhyn
Bangkapos.com/Riki Pratama
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan 

BANGKAPOS.COM -  Dinas Kelautan dan Perikanan Babel menyatakan sampai saat ini terdapat 29 usaha tambak udang yang telah mendapatkan persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang laut (PKKPRL) dalam perizinan berusaha.

Hal ini disampaikan Kasi Pengembangan dan Pemanfaatan Ruang Laut Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Hasti Wahyuni, saat ditemui di tempat kerjanya, Rabu (9/9/2021).

Hasti mengatakan Perda RZWP3K masih menjadi dasar dalam penetapan izin ruang laut.

"Perizinan diambil alih Kementerian Kelautan Perikanan, sehingga yang ingin mengurus izin bisa namanya menyampaikan permohonan terkait kegiatan pemanfaatan ruang laut sejak adanya PP 21 tahun 2021 tentang penyelenggaraan penata ruang laut," jelas Hasti.

Baca juga: Aturan Baru Naik Pesawat untuk Lion Air September 2021, Termasuk Mobil dan Kereta

Diakuinya, pemanfaatan ruang laut bagi pelaku usaha dan pemerintah berbeda.

"Kalau pemerintah cukup konfirmasi pemanfaatan laut, persetujuan ruang laut. Sementara untuk perusahaan atau swasta persetujuan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang laut," ujarnya.

Ia mengakui hingga saat ini, pelaksanaan izin pemanfaatan ruang laut, harus mendapatkan izin dari Kementerian Kelautan Perikanan melalui sistem perizinan terpadu alias online single submission (OSS).

"Untuk perizinanya masih ke pusat, karena belum ada surat pendelegasian resmi bahwa di daerah dapat melakukan itu, mungkin 2022, tetapi kita belum memastikan kapan. Tentunya nanti ada petunjuk teknisnya. Walaupun pindah ke daerah nanti pemerintah pusat berhak mencabut kalau tidak sesuai mengenai persetujuan kesesuaian," katanya.

Baca juga: Finalis Duta Wisata Lihat Langsung Proses Editing Berita

Baca juga: 40 Peserta Dibekali Ilmu Pemandu Wisata

Tambak Udang Vaname -(ilustrasi)
Tambak Udang Vaname -(ilustrasi) (Bangka Pos)

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan Pemprov Babel serius dalam memanfaatkan potensi budidaya benur udang vaname.

"Kita pemerintah mendorong agar banyak investor yang akan mengembangkan usaha ketersediaan benur udang vaname ini. Insya Allah, sektor perikanan untuk vaname ke depannya lebih berkembang dan memiliki nilai tambah untuk masyarakat kita," kata Erzaldi.

Erzaldi mengingatkan untuk usaha budidaya udang vaname dapat memperhatikan hal hal yang akan mempengaruhi produksi termasuk pemanfaatan teknologi.

"Ke depannya kita tidak hanya berbicara soal benur saja, tapi juga teknologi. Usaha benur udang vaname ini harus kita kembangkan dengan teknologi harus dimajukan agar mendapatkan hasil maksimal," tegasnya.

Baca juga: TKBM Senang Bisa Divaksin, Ditpolair Polda Babel Gelar Vaksinasi Massal

Ia memberi dukungan penuh atas budidaya pada sektor perikanan ini, sekaligus berupaya untuk memancing kehadiran investor.

"Harapan kita menjadi pengekspor udang terbesar nantinya. Insya Allah sektor perikanan, khususnya vaname ini akan lebih berkembang. Kita pemerintah mendorong agar banyak investor untuk hadir ke sini," harapnya. (riu)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved