Breaking News:

Keistimewaan Membaca Surat Yasin di Hari Jumat dan 7 Amalan Sebelum Shalat Jumat

Perlu diketahui bahwa, selain disunahkan membaca Surat Al Kahfi, umat muslim juga dianjurkan membaca Surat Yasin di malam Jumat.

Editor: fitriadi
SURYA/PIPIT MAULIDIYA
Surat Yasin di dalam kitab suci Alquran. Untuk kesempuraan amalan sunnah ini kita dianjurkan membaca doa sesudah membaca Surat Yasin. 

BANGKAPOS.COM - Selain disunahkan membaca Surat Al Kahfi, umat muslim juga dianjurkan membaca Surat Yasin di malam Jumat.

Menurut para ulama hadis, membaca Surat Yasin di malam Jumat memiliki banyak keutamaan.

Tradisi membaca Surat Yasin di malam Jumat ini dilakukan sebagian masyarakat Muslim di Indonesia.

Tak hanya itu, amalan yang dilakukan mulai malam Jumat hingga Jumat sore akan mendapatkan keutamaan diantaranya mendapat pahala lebih besar.

Baca juga: Bacaan Surat Yasin Lengkap Seluruh Ayat dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Ada beberapa amalan istimewa yang bisa dilaksanakan, mulai dari membaca sholawat, Surat Al Kahfi, bersedekah dan membaca Surah Yasin.

Keutamaan membaca Surat Yasin ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Sementara itu, KH Munawwir Abdul Fattah dalam Membaca Surah Yasin menulis, sebuah hadis menyebutkan bahwa “Yasin lima quriat lahu”, artinya surat Yasin dibaca sesuai niat si pembaca.

Yasin dapat dibaca saat kita mengharap rezeki Tuhan, meminta sembuh dari penyakit, menghadap ujian, mencari jodoh, dan lain-lain.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved